Punya Indra Penciuman yang Tajam? Rekomendasi Pekerjaan untuk Kamu

Rekomendasi untuk kamu yang punya indra penciuman tajam (Foto Freepik,com)

Like

Kamu punya indra penciuman yang sangat peka sama bebauan apapun itu? Bisa bedain antara molekul bau satu dengan yang lain secara akurat?


5 Pekerjaan untuk Mereka yang Punya Kemampuan Penciuman Tajam


Kalo ya, ini dia 5 pekerjaan yang cocok untuk si hidung tikus sepertimu  : 

1. Perfumer 

Sebelum beli parfum baru, biasanya kamu sniff sniff dulu kan biar tau mana wangi yang paling kamu suka? Sebelum parfum aneka macam notes tersaji di hadapanmu, biangnya akan diracik oleh perfumer.

Gak cuma butuh keahlian sensorik saja, tapi kamu juga perlu menguasai teknik pencampuran kimiawi yang menarik nan unik berikut perkembangan trennya. 

Seorang perfumer profesional (Foto Freepik.com)

Kalo tertarik, kamu bisa ambil sertifikasi melalui workshop atau menempuh jalur pendidikan khusus perfumery di Eropa.

Memang, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, tapi jangan salah, gaji yang kamu dapatkan nantinya cukup tinggi lho sekitar 60-720 juta setahun. 

Baca Juga: Antara Pekerjaan Rumah dan Tugas Kantor, Tips Membagi Waktu untuk Ibu Rumah Tangga


 

2. Formulator Pangan 

‘Eiuh, ini biskuit kok baunya agak-agak gimana gitu, gak suka ah’. Sering denger keluhan itu? Nah, PR besar nih buat kamu. Bikin makanan yang bergizi tinggi sekaligus punya aroma khas yang menggugah selera sejak fresh from the oven memang sangat menantang.

Eits, tapi belajar dulu ya di fakultas Mikrobiologi, Teknik Pangan atau Teknik Pengolahan Hasil Pertanian. Siapa tau dengan kamu jadi formulatornya, kelak aroma produkmu bisa terkenal banget kayak Roti Boy tuh.
 

3. Coffee Cupper

Tau kan kalo 79% masyarakat Indonesia itu adalah peminum kopi aktif? Bahkan 63%nya rela ngeluarin duit lebih demi ngopi di kafe atau kedai kopi favorit.

Gak heran, para produsen kopi berlomba-lomba memproduksi kopi berkualitas tinggi buat ningkatin daya beli pemilik kafe atau kedai kopi.

Kerjaan Coffee Cupper, Nyium Aroma Kopi (Freepik.com)

Makanya, kamu cocok nih jadi coffee cupper profesional. Tugas hidung kamu di sini adalah membau aroma kopi setelah digiling dan saat penyeduhan biar tau karakteristik kopi mana yang paling pas.