5 Penyebab Depresi yang Jarang Disadari

Kebiasaan penyebab depresi (Sumber gambar : pexels.com)

Kebiasaan penyebab depresi (Sumber gambar : pexels.com)

Like

Kasus bunuh diri yang bermunculan saat ini menandakan bahwa kondisi mental masyarakat sedang tidak baik-baik saja.

Banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi depresi atau terganggu mentalnya kemudian berbuat hal-hal yang merugikan atau membahayakan diri sendiri.

Sebenarnya apa depresi itu? menurut laman halodoc depresi adalah gangguan kesehatan mental yang berkitan dengan suasana hati, yang mengakibatkan seseorang merasakan sedih dan kehilangan semangat berkepanjangan.

Banyak dampak yang diakibatkan oleh depresi, seperti gangguan emosi, gangguan kesehatan fisik, gangguan tidur, gangguan kognitif serta keinginan untuk bunuh diri.

Depresi ini biasanya berasal dari stres yang berkepanjangan dan menumpuk. Penyebab dari depresi ada beberapa hal seperti gangguan hormon, penyakit keturunan, kondisi medis dan bahkan karena habit atau kebiasaan.


Baca Juga: 10 Cara Menciptakan Kesehatan Mental di Tempat Kerja yang Bisa Kamu Terapkan!
 

Penyebab Depresi yang Jarang Disadari

Berikut beberapa kebiasaan yang tanpa disadari dapat menyebabkan depresi.

1. Perfeksionis

Tidak selamanya ingin selalu perfect atau sempurna itu baik, mengejar kesempurnaan tidak jarang hanya menyebabkan stres dan rasa kecewa.

Terlebih ketika hasil yang didapat ternyata tidak sesuai ekpektasi. Sifat perfeksionis sepenuhnya mungkin akan sulit dihilangkan, akan tetapi kita bisa mengendalikannya.
 

2. Menganggap remeh masalah kecil

Tak jarang ketika menghadapi masalah kecil kita malah menunda untuk menyelesaikannya. Menunda masalah hanya akan membuat masalah tersebut mnjadi besar yang menyebabkan terganggunya kesehatan mental yang tak jarang menimbulkan rasa depresi.

Segera selesaikan ketika menghadapi masalah, masalah tidak akan selesai dengan sendirinya apabila kita tidak menyelesaikannya.