5 Tips Optimalisasikan LinkedIn, Supaya Dilirik Rekruter!

Tips dan Trik Optimalisasi LinkedIn (Sumber gambar: Freepik.com)

Like

LinkedIn adalah media sosial profesional yang diciptakan pertama kali oleh 5 orang jenius, bernama Reid Hoffman, Konstantin Guericke, Eric Ly, Allen Blue, dan juga Jean-Luc Vaillant. Media sosial ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2003.

Di masa-masa awalnya, LinkedIn banyak didanai oleh Sequoia Capital, Greylock, Bain Capital Ventures, Bessemer Venture Partners dan juga European Founders Fund. Sejak saat itu, LinkedIn terus berkembang pesat dan dikenal luas sebagai media sosial untuk para profesional.

Hal ini diakui langsung oleh majalah bisnis internasional yakni Forbes. Forbes mengatakan bahwa LinkedIn adalah alat jejaring sosial yang paling menguntungkan dan tersedia untuk pencari kerja dan profesional.

Tidak heran jika banyak dari profesional atau calon profesional berlomba-lomba untuk membuat akun LinkedIn-nya sendiri. Tidak jarang juga banyak di antara fresh graduate yang menerima pekerjaan pertamanya dari hasil "bermain" LinkedIn.

Ya, melalui koneksi yang tercipta, tidak sedikit fresh graduate yang bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan. Baik itu yang bersifat kontrak maupun freelance.

Lalu, bagaimana caranya agar akun media sosial LinkedIn yang dimiliki benar-benar dapat menarik perhatian perusahaan pencari tenaga kerja profesional?.

Baca Juga: Content Marketing vs Paid Advertising, Mana yang Lebih Efektif?

Jawabannya tidak lain dan tidak bukan adalah dengan melakukan optimalisasi akun LinkedIn. Nah, di dalam artikel ini, mimin akan berbagi tips dan trik cara mengoptimalkan akun LinkedIn. 


Tips Optimalisasikan LinkedIn Supaya Dilirik Rekruter

Penasaran apa saja?. Simak baik-baik artikel ini ya!.

1. Maksimalkan Gambar Profil dan Sampul

Tips dan trik optimalisasi akun LinkedIn yang pertama, adalah dengan memastikan penggunaan gambar profil dan sampul yang baik. Sebagian pemula, mungkin hanya akan fokus pada gambar profil saja. Mereka akan mencari gambar atau foto dari angle terbaik untuk menjadi profil LinkedIn.


Tidak salah memang, tapi seringkali gambar sampul yang ada di profil LinkedIn malah terabaikan dan dibiarkan kosong begitu saja.

Anda harus segera memikirkan gambar yang cocok untuk menjadi sampul. Anda bisa saja menggunakan gambar Anda yang sedang menjelaskan sesuatu di depan banyak klien atau dengan menempatkan desain ilustrasi khusus, berisikan quotes atau motto kerja Anda.

 

2. Dapatkan Verifikasi LinkedIn

Tips dan trik optimalisasi berikutnya adalah dengan memastikan akun LinkedIn terverifikasi dengan baik. Akun LinkedIn yang sudah diverifikasi, akan ditandai dengan centang di nama profilnya.

Anda bisa mendapatkan centang seperti ini apabila akun yang dimiliki sudah memenuhi beberapa syarat penting. Salah satunya adalah memiliki e-paspor tersendiri dan mendukung NFC.