3 Emiten Ini Terbitkan Obligasi Berkelanjutan, Tertarik?

Money - Canva

Like

Merupakan surat utang jangka panjang, obligasi jadi alternatif pilihan investasi yang bisa kamu coba, Be-emers. Dapat diperjualbelikan di pasar sekunder, obligasi terdiri dari beberapa jenis seperti obligasi yang diterbitkan pemerintah dan obligasi korporasi.

Obligasi korporasi, dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), merupakan surat utang yang diterbitkan oleh sebuah perusahaan dan berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.

Nah, selama pekan kedua Agustus 2020 ini, dilansir dari laman Bisnis.com, terdapat 3 emiten yang berencana akan menerbitkan obligasi korporasi lho. Obligasi tersebut diketahui merupakan obligasi berkelanjutan.

Adapun, obligasi berkelanjutan ini merupakan variasi obligasi, dimana OJK telah memberikan keleluasaan perusahaan untuk menerbitkan obligasi dalam kurun waktu 2 tahun dengan hanya 1 kali mengajukan izin pernyataan efektif. 
 

Obligasi Berkelanjutan II Mayora (MYOR)

Berdasarkan prospektus perusahaan yang diterbitkan Jumat (14/8) lalu, PT Mayora Indah Tbk (MYOR) diketahui akan menawarkan obligasi berkelanjutan II tahap I Tahun 2020. Obligasi tersebut terdiri dari 4 seri, yaitu:
  • Seri A dengan tenor 370 hari
  • Seri B dengan tenor 4 tahun
  • Seri C dengan tenor 5 tahun, dan
  • Seri D yang akan jatuh tempo dalam waktu 7 tahun sejak tanggal emisi
Sementara itu, emiten konsumer ini menargetkan emisi hingga Rp500 miliar dari penerbitan obligasi ini. Meski begitu, dikutip Bisnis, MYOR belum menentukan kupon dari masing-masing seri obligasi tersebut.

Adapun, dana yang terkumpul dari penerbitan obligasi lanjutan ini akan digunakan untuk pinjaman kepada anak usaha MYOR, yakni PT Torabika Eka. Pinjaman tersebut diketahui sebagai pembiayaan modal kerja anak usaha.

 

Obligasi Berkelanjutan II Jasa Marga (JSMR)

Selain itu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga diketahui bakal menerbitkan obligasi berkelanjutan  II Tahap I Tahun 2020 nih. Dengan target emisi hingga Rp2 triliun, emisi ini merupakan bagian dari PUB II senilai Rp4,5 triliun.

Berdasarkan prospektus perusahaan hari ini (18/8), emiten BUMN itu juga bakal menerbitkan 4 seri obligasi, dengan rincian berikut:
  • Seri A dengan tenor 3 tahun
  • Seri B dengan tenor 5 tahun
  • Seri C dengan tenor 7 tahun, dan
  • Seri D yang akan jatuh tempo dalam waktu 10 tahun sejak tanggal emisi
Hingga hari ini, JSMR pun belum menentukan kupon dari masing-masing seri obligasi tersebut. Nah, dana dari obligasi ini bakal digunakan untuk modal kerja, serta peningkatan fasilitas dan sarana penunjang jalan tol.
 

Obligasi Berkelanjutan III Chandra Asri (TPIA)

Dengan total target emisi mencapai Rp5 triliun, PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA) berencana menerbitkan obligasi berkelanjutan III tahap I Tahun 2020. Berdasarkan revisi prospektusnya, obligasi tersebut terdiri dari 3 seri, yakni:
  • Seri A dengan tenor 3 tahun, sebesar Rp432,42 miliar dengan bunga 8,20 persen
  • Seri B dengan tenor 5 tahun, sebesar Rp356,3 miliar dengan bunga 8,70 persen
  • Seri C dengan tenor 7 tahun, sebesar Rp111,27 miliar dengan bunga 9,20 persen

Bunga obligasi tersebut akan dibayarkan 3 bulan sejak tanggal emisi nih, Be-emers. Adapun, obligasi ini enggak dijamin dengan jaminan khusus, melainkan dengan seluruh harta kekayaan TPIA.