Pekan Keempat Agustus 2020, Siapa Saja yang Umumkan Absen Bagi Dividen?

Sad - Canva

Like

Pembagian dividen oleh emiten, tentunya jadi salah satu momen yang ditunggu investor. Melalui dividen, investor akan mendapatkan keuntungan dari laba yang diperoleh emiten berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki.

Di sepanjang pekan keempat Agustus 2020 ini, sejumlah emiten diketahui mengadakan rapat umum pemegang saham (RUPS). Sayangnya, dari hasil RUPS tersebut, beberapa di antaranya justru mengumumkan untuk absen bagi-bagi dividen.

Bikin sedih, siapa saja emiten tersebut?

 

Pakuwon Jati (PWON)

Lewat rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), emiten properti ini memutuskan buat enggak bagi dividen tunai atas kinerjanya di tahun 2019.

Padahal diketahui, emiten pengelola mall Kota Kasablanka dan Gandaria City ini punya laba bersih Rp2,7 triliun. Namun, hal itu justru akan digunakan PWON untuk memperkuat modal dan melihat peluang bisnis.
 

Media Nusantara Citra (MNCN)

Begitu pula dengan MNCN. Lewat RUPST, Rabu (26/8) lalu, emiten grup MNC itu juga akan memperkuat struktur modal dari perolehan laba bersih tahun 2019.


Adapun, emiten ini lebih memilih buat menganggarkan Rp1 miliar sebagai dana cadangan sesuai dengan anggaran dasar perusahaan. Sisa laba MNCM pun bakal digunakan untuk menurunkan pinjaman, sebanyak-banyaknya senilai Rp1 triliun.
 

Mitra Adiperkasa (MAPI)

Emiten ritel dari Grup MAP ini juga absen bagi dividen. Alasannya, emiten yang punya lisensi Starbucks di Indonesia ini memilih untuk mempertahankan kasnya.

Ini sebagai upaya untuk bertahan di tengah kondisi ekonomi yang enggak menentu. Adapun sejak masa new normal dimulai, diketahui kalau pendapatan MAPI sempat meningkat meski trafik penjualannya masih terbatas.
 

Gudang Garam (GGRM)

Lewat RUPST, Jumat (28/8), Gudang Garam memutuskan buat enggak bagi-bagi dividen dari laba tahun buku 2019. Padahal, sebelumnya emiten rokok ini dikenal rutin bagi dividen lho.

GGRM justru akan menggunakan keuntungannya itu buat menambah modal kerja. Adapun, ini pertama kalinya lho GGRM absen bagi dividen. Kamu termasuk yang kecewa enggak nih, Be-emers?