Pentingnya Punya Asuransi di Tengah Pandemi, Begini Cara Menyiapkannya

Health Insurance - Illustration - canva

Like

Di tengah pandemi Covid-19 yang belum ketahuan kapan berakhirnya ini, pastinya keuangan dan kesehatan kita jadi hal yang paling diperhatikan. Makanya enggak heran kalau penting banget punya asuransi di tengah pandemi kayak sekarang ini.

“Di saat pandemi kayak sekarang ini, hal utama yang harus dimiliki adalah dana darurat dan asuransi,” kata Founder & Managing Director Finansialku Melvin Mumpuni, yang dikutip dari LIVE instagram @bisniscom bulan Mei 2020 lalu.

Namun, banyaknya kendala kayak minimnya pengetahuan soal asuransi dan budget yang dirasa kurang mencukupi, bikin banyak orang memilih untuk mengesampingkan pentingnya asuransi. Padahal kalau menurut Melvin, saat ini yang terpenting adalah proteksi untuk diri sendiri.

“Sekarang gini, kalau kamu beli insurance, saya mindset-nya untuk proteksi, bukan investasi,” ungkapnya.

Contohnya, kamu dapat memilih produk asuransi kesehatan yang bisa langsung cover penanganan Covid-19 dan pastinya tanpa masa tunggu. Soalnya, dalam situasi pandemi ini penyebaran virus bisa terjadi dengan sangat cepat dan bisa menyerang kesehatan kita kapan aja.


Dengan punya asuransi, keuangan kamu juga jadi enggak terganggu. Bayangin, kalau kamu sakit atau terkena musibah dan enggak punya asuransi, sudah bisa dipastikan kamu bakal lebih repot dan pengeluaran juga akan semakin besar.

Melvin juga menyarankan, kalau sebaiknya cari asuransi yang bisa di-settle secara online. Soalnya, ada beberapa produk yang butuh ketemu secara fisik buat sekadar tanda tangan doang. Hal itu mengingat masih adanya physical distancing selama pandemi ini.
 

Siapkan Budget

Kalau secara teori, kamu bisa nabung 10-20% buat jadi dana darurat atau asuransi nih, Be-emers. Menurut Melvin, dengan 10?ri gaji, kamu sudah bisa punya asuransi yang oke kok. Misalnya, kamu punya penghasilan Rp5 juta per bulan, maka ada budget 10?ri gaji kamu sebesar Rp500 ribu buat asuransi. 

“Rp500 ribu tuh udah angka yang cukup bagus lho buat asuransi. Asuransi kesehatan yang saya beli, harganya Rp5,8 juta 1 tahun. Sebulan enggak sampai Rp500 ribu kan? Tapi proteksinya bisa sampai Rp20 miliar,” imbuh Melvin.

Nah kalau misalnya kamu punya budget lebih, semisal kayak yang tadinya buat traveling atau nongkrong di mal, kamu bisa juga nih alokasikan ke dana darurat atau asuransi. Jangan merasa rugi ya Be-emers. Soalnya, asuransi itu bisa bantu kamu kalau kamu mengerti cara pakainya dan produk seperti apa yang pas untuk kebutuhan kamu.

Tonton juga yuk video Ngobrol Santuy “Kelola Finansial Biar Tetap Gacor saat Pandemi” di Youtube Bisnis.com, Jangan lupa Subscribe ya!