Strategi promosi UMKM yang masih merintis [Sumber: Pixabay]
Masalahnya, bekerja sama dengan influencer biayanya nggak murah. Semakin tinggi followers nya, effort dalam membuat konten juga nggak main-main maka semakin tinggi bayarannya.
Biasanya, influencer sudah menetapkan rate card nya sendiri ketika suatu produk hendak menggunakan jasanya. Melansir Slice.id, ini dia kisaran fee yang harus dirogoh jika mau memakai jasa reviewer:
- Mega influencer (> 1 juta followers): Rp25.000.000/konten
- Macro influencer (100 ribu – 1 juta followers): Rp4.500.000/konten
- Micro influencer (10 ribu – 100 ribu followers): Rp300.000/konten
- Nano influencer (< 10 ribu followers): Rp120.000/konten
7 Strategi Promosi UMKM yang Baru Merintis Lewat Influencer
Bisa jadi balik modal pun belum. Jangan berkecil hati, ada ragam kiat yang bisa dicoba lo!
1. Lakukan Riset
Strategi promosi UMKM yang harganya terjangkau [Sumber: Pixabay]
Dengan riset, kamu akan terbuka perihal peluang bisnis di pasaran. Seperti apa tingkat persaingannya, apakah sudah ada usaha serupa yang menekuni produk seperti lapak kamu.
2. Apa Produk Jagoan Kamu?
Aspek lain yang jangan sampai terlewat; pastikan produk kamu berbeda dengan lapak sebelah. Tentukan unique selling point produk kamu, keunikan yang membuat produk kamu lebih layak dibeli.
3. Buat Kemasan Menarik
Tak perlu norak dan terlalu banyak tulisan, buatlah kemasan simpel tetapi diingat orang. Jepang membuat terobosan kemasan roti dengan bukaan di tengah, tujuannya agar roti tidak berantakan dan bisa lanjut dimakan lagi lain waktu. Bisa ditiru nih!
4. Tak Apa Memulai Strategi Promosi dengan Budget Minim
Kuncinya adalah memanfaatkan teknologi. Kamu jago main Instagram, pasarkan produk di story yang banyak dilihat orang. Kalau punya relasi, kamu bisa meminta bantuannya mencarikan iklan dengan budget tertentu sesuai kemampuan kamu.
Tulis Komentar
Anda harus Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.