Cara Membuat Sabun Sendiri untuk Bisnis!

Cara membuat sabun (Sumber: Pixabay.com)

Like

Cara membuat sabun bisa dibilang tidak mudah dan tidak sulit, nih. Jadi, buat kalian yang mau bisnis sabun, seharusnya bisa dikerjakan dan dijalankan dalam kondisi pandemi seperti ini. 

Menurut Bisnis.com, pria ini menghasilkan cuan yang banyak dari proses bisnis sabun batangan yang ia kelola. Pendapatan perbulannya bisa 15-20 juta, lho. Hanya dengan modal operasional yang tidak lebih dari 5 juta. 

Nah, kalau tidak mau bisnis, bisa juga untuk berhemat. Daripada terus menerus membeli sabun, tidak ada salahnya mencoba meracik sabun mandi sendiri.

Berikut cara membuat sabun mandi sendiri demi memenuhi kebutuhan harian. 


Tutorial Sederhana Meracik Sabun Mandi Sendiri


1. Mempersiapkan beragam alat yang Dibutuhkan


Sebelum memulai proses meracik sabun, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan berbagai alat pendukungnya terlebih dahulu. 

Alat yang diperlukan pertama adalah wadah khusus atau panci yang terbuat dari stainless steel, karena panci berbahan aluminium maupun timah ditakutkan dapat menyebabkan reaksi kimia yang berbahaya jika terkenal larutan Alkali. 

Kamu perlu menyiapkan spatula karet untuk mengambil sisa adonan di dalam panci. Apabila mengaduk menggunakan hand whisker dirasa kurang efektif, kamu bisa mengandalkan mengaduk adonan menggunakan stick blender dari stainless steel sebagai solusi terbaiknya.

Kemudian siapkan timbangan digital dan cetakan yang terbuat dari kardus, untuk kemudian dibungkus menggunakan plastik untuk membantu mencetak adonan sabunnya. 


2. Siapkan Berbagai Bahan Utama Meracik Sabun 

Setelah semua alat sudah dipersiapkan, kini saatnya untuk menyiapkan berbagai bahan utama sebelum memulai cara membuat sabun mandi sendiri.

Beberapa bahan yang diperlukan yaitu minyak (berasal dari minyak kelapa, minyak kelapa sawit, ataupun minyak zaitun), Alkali, dan air bersih secukupnya. Semua bahan tersebut harus dicampur menjadi satu untuk menghasilkan potongan sabun yang kaya akan manfaat. 

Tiga campuran minyak tersebut harus ditakar dengan pas demi agar adonan sabun berhasil dibuat. Komposisi bahan pembuatan sabun mandi yaitu 150 gram minyak kelapa, 150 gr minyak kelapa sawit, 200 gr minyak zaitun, 72.5 gr NaOH, serta 145 gr air.

Jika dijumlahkan maka total volume minyaknya saja sudah mencapai 500 gr. Ketika semua bahan utama telah dilengkapi, saatnya menerapkan tutorial meracik sabun mandi pun dilakukan. 

3. Langkah Meracik Sabun Padat  

Ketika hendak mengikuti cara membuat sabun, ada baiknya gunakan safety gears atau pengaman sebagai langkah pertama yang wajib dilakukan. Setelah itu tuangkan sejumlah air bersih pada wadah ataupun timbangan sesuai kebutuhan.

Kemudian timbanglah alkali di tempat terpisah, lalu masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam takaran alkalinya. Proses ini harus dilakukan perlahan, karena air akan mendidih yang menyatakan adanya reaksi kimia. 

Aduk larutan alkali hingga tercampur sempurna, lalu biarkan beberapa saat hingga suhu berada di bawah 40°C. Selagi menunggu larutan alkali dingin, tuangkan campuran minyak ke dalam wadah berbeda dan panaskan.

Saat ruhu larutan alkasil sudah pas, silahkan tuangkan campuran minyak sebelumnya pada larutan alkali secara perlahan. Setelahnya, aduk hingga merata hingga mencapai trace sebelum akhirnya dicetak.

Tutup adonan tersebut menggunakan kain bekas ataupun handuk bekas di bagian atas cetakan untuk melanjutkan proses saponifikasi. Biarkan 1 hingga 2 hari, dan pastikan menyimpan adonan sabun di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau anak anak.

Ketika dirasa cukup, saatnya mengeluarkan sabun dari cetakan dan potong sesuai keinginan dan simpan sisanya di tempat yang kering. Cara membuat sabun mandi sendiri cukup mudah bukan?

Sabun adalah kebutuhan utama yang akan dicari setiap kali hendak membersihkan diri. Jika selama ini kamu hanya mengandalkan sabun yang sudah banyak ditawarkan di pasaran, kenapa tidak mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Bahkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan mudah ditemukan. Dengan mengikuti setiap tahapan yang telah dikupas diatas, dijamin sabun mandi racikan sendiri sudah ada di genggaman. Selamat mencoba, ya! 

Simak juga: Mengintip Peluang Bisnis Essential Oil dan Juga Keuntungannya