Apa Itu Keto Diet? Is It Really Works?

Keto diet adalah (Sumber: Pixabay.com)

Keto diet adalah (Sumber: Pixabay.com)

Like

Keto diet adalah salah satu jenis diet yang saat ini paling populer dan dinilai efektif menurunkan berat badan. Banyak sekali anak muda yang mulai fokus untuk membangun kesehatan tubuh sekaligus mendapatkan tubuh yang berbentuk. 

Memang menjaga penampilan adalah salah satu hal yang sangat penting karena dapat menunjang segala hal yang kamu kerjakan, seperti pekerjaan atau pendidikan. Seperti halnya, menjaga berat badan agar tetap stabil dan tidak obesitas. 

Langkah ini dinilai sangat baik bila dilihat dari segi kesehatan, tetapi kenali lebih dulu lebih dekat keto diet ini. Yuk, intip ulasan lengkapnya di bawah ini!

Diet Tinggi lemak

Salah satu penyebab tubuh kelebihan berat badan, yaitu asupan yang masuk ke dalam tubuh lebih dari jumlah kalori harian. Ini bisa berasal dari jumlah karbohidrat yang kamu konsumsi setiap harinya dan tidak ada kegiatan yang dipakai untuk mengolahnya.

Bila terjadi secara terus menerus, kamu bisa mengalami kelebihan berat badan cukup tinggi. Mengurangi berat badan pun semakin sulit bila tidak diimbangi dengan niat serta komitmen yang tinggi. Efek sampingnya, banyak penyakit yang mungkin mengancam kamu.

Diet satu ini memiliki sistem yang sangat unik, yaitu dengan menambah kadar lemak yang masuk ke dalam tubuh. biasanya, setiap orang membutuhkan asupan lemak sekitar 20 sampai 30 persen. Akan tetapi, keto diet adalah jenis diet dengan asupan lemak cukup tinggi. 


Menurut Bisnis.com, diet keto ini bisa dilakukan namun tidak dalam jangka waktu yang panjang. Ketika berakhir individupun harus mulai menjaga pola hidup sehatnya. 

Sekitar 60 hingga 70 persen adalah asupan yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Oleh sebab itu, kamu tidak akan merasa lapar meskipun tidak mengkonsumsi karbohidrat. Energi bagi tubuh ini sangat efektif untuk segala jenis aktivitasmu.


Membuat Tubuh Ketosis

Membiasakan diri tidak mengkonsumsi karbohidrat membuat kadar glukosa dalam darah ikut menurun. Dengan tubuh akan memerintahkan organ lainnya untuk memecah lemak agar jadi sumber energi lain yang tidak diperoleh dari glukosa.

Hasil yang diperoleh dari proses tersebut dikenal dengan nama keton, sehingga tubuh mengalami ketosis secara sengaja. Yang menarik, sistem ini secara tidak langsung membuat tubuh kekurangan glukosa dan berat badan tetap stabil.


Berat Badan Tidak Mudah Naik

Diet seringkali menyusahkan karena harus memangkas makanan makanan yang kamu sukai. Dengan diet keto, kamu tidak perlu takut hal tersebut terjadi dan kekurangan energi untuk beraktivitas. Selama beberapa saat menjalani diet, keto diet adalah cara yang paling aman.

Ditemukan fakta bahwa diet ini mampu mengurangi berat badan dan membuatnya tetap stabil. Kamu tidak akan merasa lemas, meskipun menghilangkan sumber energi utama yaitu nasi. Menariknya, efek samping yang dirasakan juga sangat kecil.


Menurunkan Kejang pada Anak

Beberapa anak yang mengidap epilepsi memang sangat meresahkan, terutama saat terjadi gejala atau serangan secara mendadak. Perubahan suasana yang ekstrem sangat tidak dianjurkan, sehingga harus diatasi secara tepat seperti terapi atau obat. 

Saat gagal dengan terapi, kamu bisa menjajal diet keto untuk mengurangi frekuensi terjadi kejang pada anak. Meskipun belum ada penelitian terkait ampuhnya diet ini untuk penderita epilepsi, tetapi telah terbukti adanya penurunan frekuensi secara signifikan.


Harus Diawasi Dokter

Suatu metode diet memang harus disesuaikan dengan tubuh masing masing orang, sehingga tidak bisa disamaratakan. Termasuk diet keto yang cukup berbahaya bila dilakukan secara terus menerus, karena bisa menghilangkan massa otot. 

Oleh sebab itu, harus selalu dalam pengawasan dokter karena metode keto diet adalah cara untuk mengurangi glukosa yang masuk ke tubuh. Dikhawatirkan tubuh jadi lemas dan kurang bisa beraktivitas bila dilakukan secara berkesinambungan.

Penampilan jadi factor yang sangat penting bagi setiap orang, tetapi kesehatan juga tidak kalah penting. Oleh sebab itu, menjalani diet keto ini bisa dijadikan sebagai alternatif agar kamu tidak mengalami obesitas. Diklaim sangat aman, meskipun makan dalam porsi besar. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Stres dan Anxiety Karena Pekerjaan