Cara Mengatasi Insomnia Karena Stres

Cara mengatasi insomnia (Sumber: Pixabay.com)

Like

Insomnia masih menjadi momok bagi sebagian orang, dimana penderita menjadi kesulitan untuk beristirahat di malam hari. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, ditakutkan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Berawal dari kesulitan tidur, siapa sangka kondisi tersebut akan merambat hingga menjadi stress yang semakin memperburuk kualitas tidur. Berdasarkan informasi yang berhasil didapatkan, seseorang yang kurang tidur selama seminggu akan lebih mudah mengalami stres.

Menurut Bisnis.com, hasil penelitian mengungkapkan bahwa 10?ri populasi di Indonesia mengalami insomnia. Angka ini mengkisarkan 28 juta orang berpotensi terkenal permasalahan penyakit seperti obesitas, diabetes, jantung koroner dan gangguan imun. 

Jangan biarkan kondisi tersebut berlarut hingga memperburuk keadaan, oleh sebab itu mulailah untuk menerapkan beberapa cara mengatasi insomnia karena stres sebagai jalan keluarnya. Berikut ulasannya. 


Kesampingkan Pikiran yang Menimbulkan Stres

Malam hari adalah waktunya segala pikiran sepanjang hari bertumpuk menjadi satu. Belum lagi adanya rencana untuk hari esok agar berjalan sesuai rencana dan jadwal yang telah dibuat sebelumnya. 

Tanpa disadari berbagai pikiran tersebut membuat otak bekerja layaknya di siang hari, yang akan bibit munculnya keluhan kesulitan tidur. Ketika beban pikiran begitu melimpah, dikhawatirkan akan membuat stres semakin menjadi. 


Alih alih merencanakan bagaimana hari esok sebelum tidur, tidak ada ruginya mengganti kebiasaan tersebut sesudah bekerja sebagai solusi terbaiknya. 

Ketika semua rencana sudah tersusun matang jauh sebelum waktu tidur, membantu kamu tidur lebih nyenyak pada malam hari. Dijamin, cara mengatasi insomnia satu ini ampuh membuat kualitas tidur menjadi lebih baik daripada sebelumnya. 


Batasi Konsumsi Zat Tertentu 

Tahukah Kamu  bahwa apa yang telah dikonsumsi ternyata dapat mempengaruhi kesulitan tidur di malam harinya ? Apabila keinginan untuk sembuh dari insomnia, sebaiknya saat ini membatasi atau hindari konsumsi kafein maupun alkohol ketika hendak pergi ke pulau kapuk. 

Sebab kafein hanya membuat Kamu  terbangun di tengah lelapnya tidur tanpa ada alasan pasti. Kamu  pun disarankan untuk tidak merokok, mengingat bahan pembuatan rokok sendiri dapat memberikan efek stimulan yang membuat mata enggan terlelap. 

Baca juga: Apa Itu Keto Diet? Is It Really Works?


Mengatur Jadwal Tidur Secara Bertahap 

Keinginan untuk tidur sesuai jadwal layaknya orang pada umumnya memang menjadi impian, namun Kamu  harus menyesuaikannya secara bertahap agar lebih mudah dalam menjalaninya. 

Misalnya saja jika Kamu  sudah terbiasa tidur dengan durasi 4 jam saja, maka tambahkan waktu tidur 15 menit di malam berikutnya. Tunggulah selama beberapa hari hingga merasa terbiasa, sebelum akhirnya durasi tidur ditambahkan 15 menit kembali. 

Agar cara mengatasi insomnia bisa diatasi dengan sempurna, sebaiknya mempertahankan jam tidur sekarang dan atur waktu bangun tepat setiap harinya. Jika memungkinkan, lakukan kebiasaan baru tersebut bahkan ketika akhir pekan ataupun hari libur lainnya. 

Sebab tidur selama belasan jam di hari libur, justru membuat waktu tidur untuk menyambut hari esok akan berkurang. Hal inilah yang dapat memicu rasa stres ketika merasa tidak kunjung tidur walaupun Kamu  telah berusaha memejamkan mata. 


Hindari Gangguan Sebelum Tidur 

Disadari atau tidak, smartphone merupakan teman sejati yang akan setia menemani Kamu  mulai dari bangun tidur hingga hendak berangkat kembali ke alam mimpi pada malam harinya.

Cobalah untuk mengurangi kebiasaan buruk tersebut, karena penggunaan alat elektronik sebelum tidur justru membuat Kamu  kesulitan untuk beristirahat. Daripada menatap layar smartphone kesayangan, tidak ada salahnya merilekskan tubuh sebagai cara mengatasi insomnia. 

Kesulitan terlelap di malam hari tampaknya tidak bisa dianggap sepele atau bahkan tidak mempedulikannya, sebab insomnia adalah awal dimana seseorang akan mengalami stres terutama jika berangsur cukup lama. 

Beruntungnya permasalahan tersebut dapat diatasi dengan beberapa jitu seperti mengatur jadwal tidur secara bertahap, menghindari berbagai gangguan sebelum tidur, hingga kesampingkan pikiran yang menghantui pikiran. 

Lakukan rutinitas tersebut secara rutin demi mendapatkan hasil maksimal. Jangan pernah menyerah untuk melakukannya, karena melakukan kebiasaan baru memang membutuhkan waktu hingga terbiasa. Selamat Mencoba!

Baca juga: Find Your ZEN! Tips Work Life Balance untuk Hidup Lebih Seimbang

Sleep is the best meditation
-Dalai lama