Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu yang Mau Curhat Masalah Keuangan Lho!

Money - Freepik

Like

Mencurahkan isi hati dan pikiran alias curhat, memang jadi salah satu cara yang efektif nih buat meringankan “beban” kamu. Curhat ke teman, pacar, atau keluarga pun bisa kamu lakukan.

Terus, gimana kalau mau curhat soal keuangan?

Keuangan, bisa dibilang, jadi hal yang cukup sensitif. Makanya, kadang, kamu enggak bisa sembarangan juga curhat soal keuangan ke sembarang orang.

Apalagi, belum tentu teman, pacar, atau bahkan keluarga bisa jadi tempat solutif untuk mengatasi masalah keuangan yang kamu alami. Alhasil, kamu pun perlu untuk curhat ke orang yang profesional seperti financial planner.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Kamu Butuh Perencana Keuangan


Namun, seiring zaman yang makin canggih, curhat masalah keuangan juga bisa lewat aplikasi nih, Be-emers.

Dilansir dari laman Bisnis, salah satu platform keuangan, yakni FUNDtastic, juga punya aplikasi perencana keuangan digital lho. Selain itu, kamu juga bisa konsultasi keuangan sama sejumlah pakar yang sudah punya lisensi certified financial planner (CFP) secara gratis!

Kalau platform tersebut bertumbuh pesat, menurut Co-founder dan Chief Investment officer FUNDtastic Franky Chandra, pihaknya enggak menampik kalau kedepannya akan menghadirkan profesional keuangan eksternal.

Meski begitu, jasa profesional konsultan keuangan eksternal online yang dihadirkan nantinya enggak akan semahal rate harga konsultasi keuangan offline di pasaran yang bisa mencapai jutaan rupiah kok.

Di sisi lain, walaupun izin perencana keuangan di Indonesia sendiri belum diatur secara jelas oleh lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK), tapi FUNDtastic dinilai sebagai model bisnis pertama perusahaan yang memberikan jasa penasihat keuangan yang ingin segera diregulasi oleh otoritas.

Menurut Franky, pihak OJK pun sudah memberi izin untuk mem-provide saran dan rekomendasi produk keuangan yang masih relevan dengan kebutuhan penggunanya.

Perlu kamu ketahui juga, selain konsultasi keuangan, platform digital ini juga menyediakan produk investasi seperti reksa dana, emas hingga produk asuransi, dan surat berharga negara (SBN) lho.

Baca Juga: Strategi Perencanaan Keuangan Bisnis Yang Efektif dan Efisien Bagi Pebisnis Muda di Masa Pandemi Covid 19