Investasi Yang Paling Menguntungkan Sepanjang Masa?

Apa Investasi Yang Paling Menguntungkan Sepanjang Masa? (sumber gambar: freepik)

Like

Apa investasi yang paling menguntungkan sepanjang masa?

Ini adalah pertanyaan yang banyak diajukan oleh investor pemula untuk dijadikan referensi investasi yang akan diambil. Ketika baru mulai berinvestasi, biasanya kita akan cenderung ikut-ikutan orang lain yang sudah lebih dulu berinvestasi karena investasi tersebut dianggap sudah menguntungkan.

Ketika ada yang menunjukkan, wah saya untung 10 juta dari saham, maka ikutan investasi saham, ketika ada yang bilang wah investasi property itu pasti untung, maka kita ikut investasi property. Tidakan seperti ini sebenarnya cukup berbahaya, karena cenderung mencari keuntungan instan. Perlu kita ketahui bahwa keuntungan investasi dari setiap orang pasti berbeda, karena timing mulainya berbeda, trennya berbeda, pengetahuannya juga berbeda.

Maka kalau ada pertanyaan, investasi apa yang paling menguntungkan? Maka jawabannya adalah investasi ilmu! Loh kok? sebelum kita mulai menginvestasikan uang ke salah satu instrumen investasi, sebaiknya kita sediakan waktu, tenaga, uang, dan pikiran untuk belajar (mencari ilmu) terlebih dulu tentang instrumen investasi yang mau kita masuki.

Mau investasi saham? Belajar dulu tentang jenis-jenis saham, karakter, kapan waktu beli dan jual yang baik, saham apa yang berfundamental baik? Dan banyak hal tentang seluk beluk investasi saham. Sampai kita cukup paham, barulah kita mulai berinvestasi. Kalau kita belum memiliki ilmu yang cukup, sering kali kita akan ikut-ikutan rekomendasi orang lain, yang bisa jadi malah akan merugikan kita.


Mau invest property? Belajar dulu seperti apa sih property yang baik? Bagaimana cara transaksinya? Bagaimana memilih lokasi yang baik? Setelah paham barulah kita mulai membeli property, jangan sampai sudah terlanjur beli lalu baru tahu kalau ternyata lokasinya sering banjir, akhirnya kita rugi dan kapok berinvestasi.

Bukan saham, bukan bisnis, bukan property, bukan emas, tapi ILMU! itu lah investasi yang paling menguntungkan sepanjang masa. Karena dengan ilmu yang cukup, kita akan tahu kapan saat yang tepat untuk beli, dan kapan saat yang paling menguntungkan untuk jual, tren apa yang sedang dan akan terjadi.

Jadi, sekarang kamu mulai belajar apa? Jangan lupa pelajari juga profil resiko kamu juga ya agar sesuai dengan instrumen investasi yang kamu pilih nantinya.

Jangan ragu untuk mulai investasi keuangan, dan jangan lupa belajar dulu .