Bukan Sekedar Jajanan Pasar, Ini Bisnis Kekinian Berbahan Dasar Klepon

Klepon Illustration - Canva

Klepon Illustration - Canva

Like

“Klepon is very much Javanese name. Elsewhere in Indonesia, these little balls of glutinous rice paste are onde-onde, which is very confusing for the Javanese..”

Sri Owens lewat bukunya yang berjudul Indonesian Food, mencatatkan klepon sebagai makanan yang digemari anak-anak dan orang dewasa. Di wilayah Sumatera, Malaysia, dan Sulawesi, kue berisi gula merah ini disebut sebagai onde-onde.

Klepon biasanya dijual di pasar, toko kue tradisional, atau lewat pedagang keliling bersamaan dengan kue putu ayu. namun, kue ini rupanya sudah populer di kawasan Asia Tenggara. Eksistensi klepon pun sudah dibawa hingga ke negeri Belanda oleh seorang imigran di tahun 1950.

Gula merah yang meledak di mulut ketika digigit itu lah yang bikin klepon punya ciri khasnya tersendiri. Rasanya yang manis dan dinominasi rasa pandan serta kelapa ini, ternyata bikin klepon jadi inspirasi buat menciptakan inovasi bisnis kuliner nih. Nah, berikut bisnis kekinian yang berbahan dasar klepon.

 

Es Kopi Klepon

Beberapa tahun belakangan ini, kopi jadi minuman yang hits banget. Hampir di seluruh sudut kota, kedai kopi kekinian bertebaran dengan harga dan menu yang bervariatif.


Seakan enggak kehabisan ide, kali ini ada yang namanya es kopi klepon lho! Kalau biasanya klepon dan kopi disajikan secara terpisah untuk saling melengkapi. Sekarang, klepon bersatu padu dengan kopi sebagai minuman kekinian.

Ialah Selah Coffee & Kitchen, yang mencoba berkreasi dengan menggabungkan kopi dan klepon menjadi minuman yang asyik dinikmati. Dengan taburan kelapa parut di pinggir gelasnya, kopi ini disajikan dengan rasa pandan dan gula merah, sehingga rasanya persis klepon pada umumnya.

Es kopi klepon ini merupakan signature dish Selah Coffee & Kitchen. Berlokasi di Puri, Jakarta Barat, kamu juga bisa pesan menu kopi klepon ini dengan ukuran 1 Liter melalui ojek online lho.
 

“Es kopi Klepon - Foto: instagram @selahcoffee”

“Es kopi Klepon - Foto: instagram @selahcoffee”

 

Donat Klepon

Setelah sebelumnya berdampingan sebagai cemilan, kini klepon dan donat bersatu jadi varian makanan yang yummy banget! Union Brasserie, Bakery & Bar berhasil menginovasikan varian donut dengan rasa klepon.

Signature menu milik pasangan chef Andika Maxi dan Karen Carlotta ini rilis di bulan Ramadhan kemarin. Menu tersebut hadir bersama donut rasa es pisang ijo yang dibuat spesial untuk edisi Ramadhan dan Idul Fitri.

 

Gelato Klepon

Di akhir tahun 1500an, peternak ayam asal Italia bernama Ruggeri membuat kudapan yang mirip sorbet  dalam sebuah kompetisi. Saat itu pula, kudapannya itu diolah kembali oleh seorang arsitek bernama Bernardo Buontalenti untuk dihidangkan ke Raja Spanyol. Kudapan itu kemudian dikenal sebagai gelato.

Gelato, atau yang juga populer sebagai es krim ala Italia ini, biasanya disajikan dengan rasa kopi, buah, dan coklat. Kini, lewat kreativitas Chef Solihin, kudapan es asal negeri menara Pisa itu menyatu dengan manisnya klepon.

Locarasa, yang menyediakan menu gelato ini memang menyediakan aneka varian rasa gelato yang unik-unik nih. Enggak cuma klepon, tersedia juga gelato rasa kecap, martabak, rujak, dan lain-lain. Waw keren!

Baca juga: Tips Sukses Dari Kisah Park Seroyi di Drama Korea Itaewon Class
 

Roti, Cake, & Bolu Klepon

Enggak cukup sampai di situ, sekarang klepon juga menjelma dalam bentuk roti, bolu, dan cake! Ialah District 7 Coffee & Co yang mengkreasikan rasa khas milik klepon menjadi berbagai varian menu signature-nya.

Coffee shop yang berlokasi di Jakarta, Makasar, dan Surabaya ini menjadikan klepon sebagai inspirasi menu dan bisnis yang unik. Seru banget!

Nah, kamu mau bikin varian bisnis apa dengan bahan dasar klepon?

 

Klepon Cake - foto: District 7 Coffee & Co Instagram

Klepon Cake - foto: District 7 Coffee & Co Instagram