Punya Prospek Menarik, Seperti Ini Kiat Berinvestasi di Reksa Dana Saham

Finance- Canva

Like

Di antara produk reksa dana lainnya, prospek reksa dana saham dinilai selalu tetap menarik untuk jangka panjang nih, Be-emers.

Meski begitu, kamu tetap perlu untuk lebih cermat lagi sebelum memutuskan untuk mengakumulasi produk reksa dana saham. Apalagi, mengingat reksa dana saham juga punya volatilitas cukup tinggi.

Lalu, gimana caranya supaya bisa cuan saat melakukan investasi di produk reksa dana saham?

Baca Juga: Ada Rebalancing, Kamu Perlu Cermat Review Portofolio Nih!
 

Selektif Memilih

Menurut Chief Investment Officer PT Paytren Aset Manajemen Achfas Achsien, dikutip dari Bisnis, saham sektor perbankan, farmasi, dan barang konsumer masih dapat menjadi pilihan menarik untuk dijadikan aset dasar atau underlying asset produk reksa dana supaya tetap memberikan imbal hasil positif.

Selain itu, adanya penurunan suku bunga, dinilai jadi sinyal yang positif nih. Kemudian ditambah ada ada relaksasi kredit, hingga aksi korporasi salah satu bank BUMN.


Menurut Achfas, sejumlah aksi korporasi yang dilakukan emiten telah jadi sentimen yang cukup baik buat saham-saham perbankan di tahun 2020 hingga 2021 mendatang. Enggak cuma itu, saham sektor kesehatan juga dinilai punya prospektif yang oke nih, Be-emers.

Makanya, sebaiknya kamu juga lebih selektif lagi untuk memilih saham. Soalnya, bagi Achfas, pandemi Covid-19 masih belum bisa seutuhnya memberi prediksi yang jelas.
 

Bisa Beralih ke Produk Reksa Dana Lain

Nah, buat kamu yang memang belum siap untuk menghadapi volatilitas pasar modal, enggak ada salahnya juga sih untuk beralih ke investasi yang lebih minim risiko.

Kamu bisa coba investasi di produk reksa dan pendapatan tetap nih.

Apalagi, kalau pembelian aset dasar seperti obligasi pemerintah telah dibeli sejak sebelum suku bunga dipangkas oleh Bank Indonesia. Soalnya, menurut Achfas, pemangkasan suku bunga telah menjadi penopang performa obligasi pada tahun ini.

Baca Juga: Permudah Investasi Milenial, Ini Keunggulan Reksa Dana Online