Harga Buyback Melesat, Waktu yang Tepat Buat Jual Emas?

Gold - Canva

Like

Emas memang jadi salah satu instrumen investasi yang cukup populer, baik di kalangan anak muda hingga orang tua. Berinvestasi emas juga dikenal lebih minim risiko.

Meski beberapa waktu belakangan harga emas sempat mengalami penurunan, tapi sifat dari si logam mulia ini adalah cenderung menguat setiap tahunnya.

Seperti halnya hari ini (2/12), harga emas 24 karat cetakan Antam mengalami kenaikan yang cukup spesifik. Padahal, di perdagangan sebelumnya, harga emas Antam sempat mengalami tekanan.

Baca Juga: Pegadaian Bakal Rilis Kartu Tabungan Emas, Apa Aja Sih Kegunaannya?

Berdasarkan info dari laman Logam Mulia, harga emas Antam ukuran 1 gram terbang hingga Rp14.000. Sedangkan untuk ukuran 0,5 gram, harganya juga naik Rp7.000.


Enggak cuma harga beli doang nih yang mengalami kenaikan, harga jual kembali (buyback) emas Antam juga meningkat hingga Rp14.000 lho hari ini! Harga buyback emas Antam kini dibanderol menjadi Rp825.000 per gram.

Sementara itu, diketahui dari laman Bisnis, harga buyback emas Antam hari ini juga merupakan yang tertinggi selama sepekan terakhir, atau sejak 27 November lalu nih, Be-emers.

Nah, naiknya harga buyback ini dinilai jadi kesempatan yang bagus buat mendapatkan cuan secara terbuka lho!

Buat kamu yang tertarik untuk menjual kembali emas Antam, kamu juga perlu memperhatikan sejumlah ketentuannya nih. Salah satunya, harga jual kembali yang dicantumkan tersebut belum mempertimbangkan pajak jika nominalnya lebih dari Rp10 juta.

Adapun, berdasarkan PMK No 34/PMK.10/2017, penjualan kembali emas batangan ke PT Antam Tbk. dengan nominal lebih dari Rp 10 juta, dikenakan PPh 22 sebesar 1,5 persen (untuk pemegang NPWP dan 3 persen untuk non NPWP). PPh 22 atas transaksi buyback dipotong langsung dari total nilai buyback.

Jadi, mau jual emas Antam kamu sekarang atau tunggu waktu yang tepat nih?

Ingat ya, berinvestasi emas itu juga perlu tujuan lho. Jadi, beli atau jual emas juga harus disesuaikan dengan tujuan biar enggak boncos.

Baca JugaGandeng Disney, UBS Punya Logam Mulia Khusus Pecinta Mickey Mouse Lho! Intip Juga Keunggulannya