Peluang Usaha Melalui Budi Daya Ikan Cupang

Betta Fish - Canva

Like

Ikan cupang adalah salah satu jenis dari berbagai ikan hias yang ada di dunia. Spesies ini mulai ada di Indonesia pada tahun 1960-an dan mulai terkenal dan banyak di minati di kalangan masyarakat pada 5 tahun belakangan ini.

Ikan ini dulunya dikenal sebagai ikan aduan dengan harga yang sangan murah. Kini, ikan cupang diminati karena keindahan warna serta tubuhnya.

Pada zaman sekolah dasar dulu, ikan cupang ini dijual dengan kisaran harga 3-5 ribu rupiah saja. Tetapi, pada zaman sekarang, ikan cupang tidak lagi dihargai murah, melainkan mulai dengan harga puluhan atau ratusan ribu, bahkan hingga jutaan rupiah.

Ikan cupang dijual mahal karena dinilai keindahan nya layak untuk dihargai dengan harga yang tidak murah. 

Banyak orang yang beranggapan bahwa bisnis ikan cupang adalah hal yang biasa. Tetapi, anggapan itu adalah tanggapan yang salah dan sama sekali tidak benar.


Masa sih ikan dengan ukuran sebesar jari tangan bisa menjadikan bisnis yang menjanjikan? Justru itu, dari membudidaya ikan cupang, seseorang bisa menghasilkan puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah perbulannya, bahkan hanya dengan modal mulai dari 200 ribu rupiah.

Apalagi pada saat pandemi ini, banyak usaha yang bangkrut hingga gulung tikar karena turun nya harga penjualan di pasar dan banyak yang kehilangan pekerjaan seperti kena PHK di kantor ataupun pabrik.

Baca Juga: Bisnis Ikan Cupang, Laba Bisa Berkali Lipat, Lho!

Berbeda dengan dunia ikan cupang, di saat usaha atau pekerjaan lain banyak yang gagal, usaha budi daya ikan cupang cukup melejit karena ikan cupang ini banyak diminati di berbagai kalangan masyarakat dan dibeli untuk sekedar dijadikan hiasan atau koleksi ikan hias. Bahkan, ada juga yang  membeli untuk dibudidayakan lalu di jual kembali.

Cara membudidayakan ikan cupang ini pun mudah sekali. Kita bisa membeli sepasang ikan cupang yang kualitasnya baik dan bagus.

Lalu, sepasang ikan ini dikawinkan hingga beranak pinak mulai dari puluhan hingga ratusan ekor. Anak-anak ikan cupang itu lah yang nantinya kita rawat sampai besar hingga kemudian sudah siap kita jual.

 

meraup untung banyak dari budidaya ikan cupang - Image: Istimewa



Misalnya, mulai dengan harga dari 100 ribu rupiah per ekor. Bisa kita bayangkan bukan? Dengan membudidaya ikan cupang, kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan besar.

Mengapa kita berbisnis dari budi daya ikan cupang? Sebab, saat ini di Indonesia ataupun luar negeri seperti Thailand, Malaysia, Singapura, dan negara lain, sedang ramai soal percupangan, dan bisa kita ambil kesempatan untuk membuka usaha dari budi daya ikan cupang. Selain diminati karena keindahan nya, ikan cupang juga mudah perawatanya.

Tak perlu pakai filter ataupun aerator pada akuarium atau tempat tinggal untuk ikan hias pada umumnya. memelihara ikan cupang cukup dengan menggunakan air kamar mandi yang diendapkan semalaman dan di taruh di aquarium kecil, toples, dan aqua botol bekas.

Untuk pemberian pakannya, bisa diberikan pakan hidup seperti kutu air, jentik nyamuk, cacing darah (bloodworm), dan lain-lain. Jika tidak ada pakan hidup, ikan cupang juga bisa diberi pakan alternatif berupa pelet seperti ikan hias pada umumnya.

Dengan penghasilan yang lumayan besar dari budi daya ikan cupang, siapa sih yang tidak tergiur untuk mencoba bisnis ini?

Yuk, jangan ragu atau takut untuk memulai, karena apapun usaha atau bisnis yang kita jalankan tidak akan mengecewakan hasilnya jika kita berani mencoba dan menekuni apa yang kita mulai.

Baca Juga: Musim Pelihara Ikan Cupang, Jualan Akuarium Bisa Cuan!