Bisnis Kuliner Merupakan Dunia Tanpa Batas, Begini Kata Chef Steby Rafael

Culinary - Canva

Like

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika pertama kali mendengar kata kuliner?

Hidangan yang lezat, memang mudah sekali menarik banyak orang untuk mencicipinya. Apalagi, ada banyak banget pilihan kuliner yang tersaji dari berbagai belahan dunia.

Dari mulai cita rasa pedas, asin, gurih, manis, hingga pahit pun bisa kita temui di berbagai jenis kuliner yang tersebar di berbagai daerah. Misalnya, hidangan Sumatera yang identik dengan cita rasa gurih dan pedas, sedangkan hidangan Yogyakarta justru cenderung lebih manis.

Makanya, menurut Chef Steby Rafael, dunia masak dan kuliner itu merupakan dunia yang tanpa batas lho, Be-emers!

Chef yang memulai karirnya sebagai seorang cook helper sebuah restoran di Jakarta ini, punya rangkaian perjalanan yang cukup panjang sebelum menjadi chef terkenal seperti sekarang ini.


Baca Juga: Enggak Perlu Sewa Tempat, Bikin Bisnis Restoran Virtual Yuk!
 

Pengalaman Penting untuk Berbisnis

Awalnya, sebelum memutuskan untuk melanjutkan studi di Jurusan Tata Boga Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Steby berencana untuk bekerja di New York, Amerika Serikat lho.

Sayangnya, diperlukan latar belakang pendidikan tinggi untuk dapat berkarir di Negeri Paman Sam, yang kala itu tak dimiliki olehnya.

Namun, ia enggak pantang menyerah nih, Be-emers. Saat menjalani masa studi, Chef Steby juga menjalani banyak proyek kuliner.

Pada akhirnya, dari pengalamannya terlibat dalam proyek catering dan konsultan, dia berinteraksi dengan seorang celebrity chef yang membawanya pada dunia showbiz.
 

Jangan Remehkan Mimpi Besar

Meski sekarang sudah terkenal, Chef Steby masih punya impian besar untuk memiliki lini bisnis kuliner yang holistik, yang kini sedang dibangunnya dari awal. Adapun, saat ini ia tengah menjalankan bisnis kopi, yakni Tamu Kopi.

Kedai kopi tersebut memang kedai kecil di pinggir jalan. Alhasil, banyak orang yang mempertanyakan bisnis tersebut dengan melihat sudut pandang nama besar Chef Steby.

Namun, ia enggak ambil pusing lho. Baginya, meski kecil, usaha kopinya tersebut enggak murahan.

Soalnya, Chef Steby sudah punya blueprint yang jelas untuk bisnis yang digelutinya itu. Makanya, dia tahu betul apa yang akan dilakukan kedepannya.

Sekali lagi, karena bisnis kuliner itu luas, ia pun berencana untuk berinovasi dengan usaha tersebut. Mulai dari membuat aneka produk dari kopi, seperti beans, kopi saset, hingga souvenir dan memproduksi camilan pendamping roti.

Wah, kamu sudah punya rencana bisnis kuliner apa nih, Be-emers?

Baca Juga: 10 Situs Untuk Food Logo Design Bisnis Kulinermu