Biden Tunda Kebijakan Larangan TikTok, Seperti Apa Dampaknya ke Oracle dan Walmart?

TikTok - Canva

Like

Rencana pemerintah Amerika Serikat untuk menekan penjualan dan operasi TikTok di Amerika, termasuk aktivitasnya dengan Oracle dan Walmart Inc, telah ditunda sama Presiden Joe Biden lho, Be-emers.

Penundaan tersebut, dikutip dari The Wall Street Journal, dilakukan tanpa batas waktu. Kabarnya sih, penundaan kebijakan tersebut terjadi saat Presiden Biden tengah melakukan peninjauan ulang terkait potensi risiko keamanan dari perusahaan teknologi China.

Tepatnya pada Rabu (10/1) lalu, pemerintah Biden diketahui telah meminta untuk menunda banding pemerintah atas keputusan hakim pengadilan distrik federal pada bulan Desember 2020 yang menentang larangan TikTok.

Sementara itu, pihak Departemen Kehakiman mengatakan, permintaan penundaan enggak ditentang oleh TikTok maupun induk usahanya, yakni ByteDance.

Dalam peninjauan yang dilakukan Bidan, baik pihak ByteDance maupun pemerintah AS masih mendiskusikan soal keamanan data dan cara untuk mencegah informasi yang dikumpulkan TikTok dari penggunanya di Amerika enggak bisa diakses oleh pemerintah China.


Namun, belum ada keputusan dalam waktu dekat tentang bagaimana menyelesaikan masalah tersebut.

Soalnya, pemerintah Biden lah yang kabarnya bakal menentukan tanggapannya sendiri terhadap potensi risiko keamanan yang ditimbulkan oleh pengumpulan data perusahaan teknologi China.

Adapun, kini setiap penjualan juga membutuhkan persetujuan dari regulator China. Pihak pemerintah China pun tahun lalu mengadopsi pembatasan baru untuk mengekspor jenis algoritma media sosial tertentu yang digunakan TikTok.

Hal itu pun dinilai bakal semakin memperumit kesepakatan antara pihak pemerintah AS dengan TikTok.

Baca Juga: Pesaing ByteDance, Kuaishou Technology Lagi Incar Dana US$5,4 Miliar dan Bakal Jadi IPO Terbesar Setelah Uber?

Lalu, gimana nasib Oracle dan Walmart?

Seperti yang diketahui, di tahun 2020 lalu, Oracle Corp telah berhasil menang tender buat mengakuisisi TikTok di Amerika Serikat nih, Be-emers.

Sementara itu, terlepas dari investasinya, Walmart terus bekerja lebih dekat dengan TikTok. Lebih tepatnya sih, Walmart menjalin kerjasama yang kuat melalui  penyediaan gudang dan dukungan pengiriman untuk penjualan yang dilakukan melalui TikTok.

Selain itu, hubungan Walmart dengan TikTok juga terjalin erat lewat inisiatif pemasaran yang mempromosikan produk Walmart dalam TikTok lho!

Nah, terkait penundaan kebijakan dari Biden terkait TikTok, pihak Oracle, Walmart, dan lainnya dinilai masih bisa mencari kemungkinan kesepakatan kok.

Namun, hal itu masih banyak tergantung dari bagaimana pemerintahan Biden mengejar inisiatif untuk “melawan” TikTok sih.

Yah, kita lihat saja kelanjutan dari nasib TikTok di Amerika Serikat deh, Be-emers.

Baca Juga: Microsoft Gagal Akuisisi, TikTok Kini Digandeng Oracle?