Ini 7 Trik Ampuh untuk Mengatur Keuangan Bagi Pemula

Personal Finance - Canva

Like

Mendapatkan banyak uang memang enggak mudah. Sayangnya, pemasukan yang kita dapatkan kadang enggak seimbang sama pengeluarannya nih.

Misalnya nih, kamu lebih banyak menghabiskan uang ketimbang memasukkannya dalam tabungan. Selain itu, ada juga yang sibuk dengan tagihan kartu kredit atau cicilan konsumtif lainnya daripada menyisihkan uangnya untuk dana darurat, asuransi, atau investasi.

Di satu sisi, mengatur keuangan seringkali jadi hal yang dianggap memusingkan dan ribet. Kamu salah satu yang berpikiran kayak gitu enggak, Be-emers?

Nah, buat kamu yang pemula atau masih sulit untuk mengatur keuangan, sebenarnya ada trik yang bisa kamu lakukan lho untuk menyiasatinya. Dilansir dari Bloomberg, berikut tujuh macam trik yang bisa kamu coba untuk mengatur keuangan.

Baca Juga: Bebas Finansial di Usia Muda? Siapa Takut!
 

Manfaatkan Momen Ulang Tahun

Ulang tahun adalah momen yang tepat untuk punya resolusi baru. Di umur yang bertambah, coba juga deh untuk bisa berkomitmen mengatur keuangan dengan baik.


Menurut Katy Milkman, salah satu profesor di Wharton School University of Pennsylvania, Ulang tahun bisa jadi kesempatan yang baik untuk memperbaiki diri, termasuk dalam hal keuangan. Jangan sampai, di umur yang bertambah, keuangan kamu masih berantakan ya, Be-emers!
 

Sedikit Berhemat, Tapi Setiap Hari

Kehilangan uang Rp100 ribu dengan Rp10 ribu pasti berbeda. Nah, begitu juga dengan menabung.

Menabung Rp10 ribu setiap hari pasti lebih terasa ringan dibanding kamu menabung Rp100 ribu seminggu atau sebulan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Shlomo Benartzi, orang cenderung melakukan hal itu, meski sebenarnya sama-sama mengeluarkan uang.
 

Bayangkan Diri Kamu di Balon Udara

Coba deh, saat kamu berada di ketinggian seperti berada di balon udara, kamu bisa melihat lebih jauh kan, Be-emers?

Percaya atau enggak, setelah orang memvisualisasikan diri mereka dalam balon, mereka cenderung membuat keputusan keuangan yang berpandangan jauh ke depan. Dari penelitian Pankaj Aggarwal dari Universitas Toronto, mereka yang melakukan hal itu lebih memilih keuntungan besar yang tertunda daripada keuntungan kecil.
 

Ubah Liabilitas Menjadi Aset

Manusia memang enggak bisa 100 persen lepas dari utang. Namun, kalau kamu bisa bijak mengatur utang, hal itu enggak akan membebankan keuangan kamu, Be-emers.

Kamu bisa juga menjadikan liabilitas alias kewajiban (utang) menjadi aset lho. Misalnya, mencicil KPR atau logam mulia yang sifatnya lebih produktif.

Baca Juga: Begini Cara Hidup Damai Tanpa Beban Utang
 

Cari Mesin Pengingat

Enggak ada salahnya juga lho download aplikasi perencanaan keuangan atau money manager. Hal itu bisa membantu kamu dalam mengatur keuangan secara praktis.

Bahkan, kamu bisa cari dan download aplikasi yang bisa mengirim peringatan ketika kamu membelanjakan lebih dari yang diinginkan dalam kategori tertentu. Soalnya, kadang yang diperlukan untuk mengubah perilaku kamu hanyalah dorongan semata.
 

Pisahkan Banyak Hal

Memang sih, teori keuangan standar mengatakan kalau memilah-milah pengeluaran atau tabungan adalah hal yang dianggap bodoh. Namun, sebenarnya hal itu cukup berhasil untuk diterapkan lho.

Untuk kamu yang masih suka boros, kamu bisa memiliki lebih dari satu rekening untuk menempatkan uang kamu sesuai dengan tujuannya. Misalnya, jangan samakan rekening untuk belanja dengan tabungan kebutuhan dana darurat.
 

Santai Saja

Terakhir, coba belajar untuk tenang. Setiap ada pemasukan, pastinya kamu sudah enggak tahan untuk membelanjakannya.

Ets, tunggu dulu! Sebelum kamu melakukan pembelian impulsif, tinggalkan toko atau e-commerce yang kamu kunjungi. Coba lihat beberapa hari, kalau kamu sudah enggak ingin membelinya, itu artinya kamu hanya “lapar mata”.

Hal itu dinilai ampuh untuk membiasakan diri mengontrol keinginan dan lebih mementingkan pengeluaran untuk kebutuhan semata.

Nah, kamu sudah pernah coba cara atau trik apa nih biar bisa mengatur keuangan?




Buat kamu yang punya cerita, opini, atau artikel menarik lainnya, yuk daftar dan share tulisan kamu di Bisnis Muda sekarang!