Inspiratif! Ini CEO Wanita yang Berhasil Pimpin Perusahaan Besar Dunia

Katharine, Julie, Karen - Image: Pinterest

Like

Ditakdirkan menjadi seorang wanita tentunya bukan jadi penghalang untuk melakukan banyak hal, bahkan untuk jadi pemimpin sekalipun!

Soalnya, enggak hanya pria, ada banyak wanita inspiratif yang mampu sukses sekaligus mensukseskan perusahaannya. Enggak tanggung-tanggung, perusahaan yang mereka pimpin merupakan perusahaan yang sudah mendunia lho.

Setiap tahunnya, majalah Fortune mengeluarkan daftar 500 perusahaan dengan pendapatan bruto teratas dan dikenal dengan Fortune 500. Uniknya, setiap tahun, jumlah CEO wanita yang masuk dalam daftar perusahaan Fortune 500 terus bertambah nih, Be-emers.

 

Grafik CEO Wanita dalam Fortune 500 - Image: Fortune



Fortune 500 telah sejak lama jadi acuan mikrokosmos bisnis, terutama di wilayah Amerika Serikat. Makanya, jumlah kepala eksekutif perempuan dalam daftar tersebut tentu jadi sorotan.


Dilansir dari laman Fortune, jumlah wanita yang menjalankan perusahaan Fortune 500 dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk perubahan kepemimpinan eksekutif dan pertumbuhan perusahaan.

DI tahun 2020, jumlah CEO wanita yang memimpin perusahaan terpilih dalam Majalah Fortune sudah mencapai 37 orang. Padahal, di tahun 1998, yang mana jadi tahun pertama Fortune 500, hanya ada satu CEO wanita yang masuk daftar ini lho!

Dilansir dari The Wall Street Journal, kabarnya nih, di tahun 2021 jumlah CEO wanita dalam daftar Fortune 500 bakal bertambah jadi 41 orang nih, Be-emers. Bahkan, media Forbes mengatakan, hal itu menjadi rekor terbaru sepanjang masa!

Meski masih dalam proses, tren kepemimpinan oleh perempuan semakin meningkat. Menurut Forbes, korporasi menjadi semakin bersedia untuk membangun bakat para wanita, terutama di industri ritel.

Hal itu pun dinilai masuk akal, karena selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa wanita dalam rumah tangga mampu membuat keputusan terbaik dalam hal keuangan.

Lalu, siapa aja CEO wanita yang cukup bersejarah dan berhasil memimpin perusahaan besar hingga berskala internasional dalam daftar Fortune?

Baca Juga: 
Mau Jadi Wanita yang Jago Investasi? Ini Instrumen yang Direkomendasi
 

Katharine Meyer-Graham: CEO Wanita Pertama dalam Fortune 500

Memimpin perusahaan media dan menjadi tokoh penting di industri media Amerika Serikat, Katharine Meyer Graham  juga menjadi CEO wanita pertama yang masuk dalam daftar Fortune 500 nih, Be-emers.

Wanita kelahiran 16 Juni 1971 ini memimpin media The Washington Post sejak tahun 1963 hingga 1991. Katharine memang lahir di keluarga kaya raya, bahkan sang ayah merupakan mantan pemimpin bank sentral AS atau The Federal Reserve.

Sang ayah, Eugene Meyer kemudian mengakuisisi surat kabar The Washington Post di tahun 1933. Setelah lulus dari University of Chicago, Katharine sempat bekerja di San Francisco Newspaper.

Hingga akhirnya, di tahun 1938, ia mulai bekerja di The Washington Post. Katharine pun menikah Philip Graham, yang kemudian memimpin The Post di tahun 1946, melanjutkan perusahaan media milik orang tua Katharine.

 

Katharine Meyer - Pinterest



Pada September 1963, secara de facto, Katharine resmi menjadi presiden The Washington Post, menggantikan suaminya.

Dari catatan First for U.S Women, sebagai satu-satunya wanita di perusahaan penerbitan dan media, Katharine enggak punya panutan wanita dan sempat mengalami kesulitan untuk dianggap serius dalam kepemimpinan oleh rekan-rekannya lho, Be-emers.

Dalam memoarnya, ia sempat merasa tidak percaya diri. Namun, konvergensi gerakan perempuan dengan kendali Katharine di The Post, rupanya telah membawa perubahan dalam sikapnya dan juga membawanya untuk mempromosikan kesetaraan gender di dalam perusahaannya.

Dalam catatan Civil Rights Women’s Studies, Katharine sempat menjadikan Warren Buffett -investor sekaligus orang terkaya di dunia- untuk menjadi penasihat keuangannya lho!

Lanjut ke halaman berikutnya yuk!