Strategi Digital Urgent Dibutuhkan Pelaku Usaha Lho, Ini Alasannya

Entrepreneur - Canva

Like

Go digital dalam dunia usaha memang gencar dilakukan seiring perkembangan zaman dan teknologi. Strategi dinilai pun dinilai urgent dan penting banget untuk eksistensi kamu sebagai pelaku usaha lho, Be-emers.

Apalagi, saat ini belum semua pelaku usaha sudah mengadopsi teknologi informasi dan informasi secara maksimal. Bisnis digital belum berjalan maksimal karena belum adanya pemahaman fungsi digital buat kelangsungan bisnis itu sendiri.

Pelaku bisnis pun mayoritas masih awam dengan strategi digital. Misalnya nih, banyak bisnis atau usaha yang sudah punya media sosial atau website, tapi enggak bisa memaksimalkannya.

Kamu merasakan hal seperti itu enggak nih, Be-emers?

Baca Juga: Program Pemerintah UMKM Go Digital Membantu Pengusaha Merintis Usaha
 

Strategi Digital Banyak Membantu Pelaku Usaha

Menurut Digital Strategist Gojek Muhammad Iqbal, dikutip dari Bisnis, hal paling dasar untuk memaksimalkan bisnis saat ini adalah dengan mengakselerasi strategi digital yang disiapkan agar bisa membuat pelaku mengetahui arah tujuan yang akan dicapai.


Strategi digital dinilai penting karena bisa memberi solusi untuk menentukan tujuan, sasaran, dan mengidentifikasi pola konsumen dan calon konsumen. Selain itu, kita jadi bisa mengerti dan mengatur strategi bagaimana cara menjangkaunya.

Bagi Iqbal, strategi digital lebih mendesak untuk diadopsi para pelaku bisnis. Soalnya, para pelaku usaha bakal bisa mengetahui penetrasi yang efisien terhadap konsumennya.

Kalau suatu usaha atau bisnis yang main di ranah digital enggak mengenal siapa konsumennya, hal itu bisa meningkatkan kegagalan dalam menjalankan bisnis digital lho!

Selain itu, pebisnis digital juga dinilai harus sadar dan beradaptasi, termasuk dalam memahami perkembangan calon konsumen.

Bukan tanpa sebab, bisnis ke depan enggak bakal jauh dengan perkembangan digita. Sehingga, strategi bisnis juga enggak akan lepas dengan istilah strategi digital.

Iqbal menuturkan, strategi bisnis digital yang bisa diterapkan setidaknya harus mencakup SMART atau Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-Based. Enggak hanya itu, bisnis digital harus measurable atau terukur sehingga memudahkan dalam menyusun strategi untuk mencapai tujuan.

Nah, sudah siapkan strategi apa aja nih untuk berbisnis secara digital, Be-emers?

Baca Juga: Selain di Bisnis Digital, Artis Christian Sugiono Juga Rambah Peluang Cuan di Virtual Office Lho!