PLN Mulai Rambah Bisnis Internet! Ini Fakta Menariknya

PLN Rambah Bisnis Internet Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Akses internet sudah jadi bagian dari berbagai kegiatan sehari-hari kita. Dari banyaknya persaingan di jaringan internet, PLN pun kini dikabarkan juga merambah peluang bisnis internet lho, Be-emers.

Diketahui dari Bisnis, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) telah meluncurkan produk internet bernama Iconnet. Produk tersebut merupakan jasa pelayanan internet cepat berbasis serat optik.

Ekspansi bisnis yang dilakukan PLN ini melalui anak usahanya nih, yakni PT Indonesia Comnets Plus (Icon+).

Lalu, kenapa PLN memilih ekspansi ke internet ya? Berikut fakta menariknya.

 

PLN Rambah Bisnis Internet Illustration Bisnis Muda - Canva

 

Peluang Perluas Listrik Sekaligus Internet

Kalau menurut Dirut PLN Zulkifli Zaini, dikutip Bisnis, PLN memang lagi berupaya buat memberikan solusi konektivitas komunikasi data yang bisa menghubungkan lokasi pelanggan di berbagai wilayah Indonesia.


Saat ini, diketahui PLN juga tengah membangun jaringan listrik hingga ke pelosok. Pihak PLN pun menilai, dengan adanya listrik di situ akan ada jaringan internet.

Ekspansi bisnis layanan internet yang dilakukan PLN juga menjadi strategi diversifikasi jangka panjang, seiring prospek pasar digital yang terus berkembang di Indonesia.
 

Tarif Dinilai Lebih Murah

Iconnet dari PLN ini menawarkan kecepatan internet dari 10 Mbps unlimited hingga 100 Mbps unlimited. Harga yang ditawarkan pun dimulai dari Rp185.00 per bulan hingga Rp427.000 per bulan.

Nah, tarif internet (di luar paket TV kabel) yang ditawarkan oleh PLN tersebut dinilai bisa menjadi pesaing baru bagi penyedia layanan internet BUMN lainnya, yakni Telkom. Soalnya, tarif internet PLN lebih murah dari yang ditawarkan Indihome.

Buat sekedar info, tarif internet Telkom Indihome (tanpa paket TV Kabel), paling murah yakni sebesar Rp315.000 per bulan dengan kecepatan 20 Mbps. Sedangkan untuk kecepatan 100 Mbps Telkom Indihome, yakni tarifnya sebesar Rp885.000 per bulan.

Jadi, kamu tim provider mana nih untuk internetan?