Rentan Diburu, Sayangi Gajah Dimanapun Keberadaannya

Ilustrasi Gambar Hewan Gajah Besar dan Kecil (Canva)

Like

Gajah merupakan ‘spesies payung’ bagi habitatnya dan mewakili keragaman hayati di dalam ekosistem yang kompleks tempatnya hidup. Gajah adalah mamalia yang besar tetapi tidak menakutkan.

Berdasarkan kajian WWF Indonesia, kisaran 25 tahun, Gajah Sumatera sudah kehilangan sekitar 70 persen habitatnya. Selain itu, populasinya menyusut hingga lebih dari setengahnya.

Estimasi populasi tahun 2007 adalah antara 2400 hingga 2800 individu. Namun, kini populasinya diperkirakan telah menurun jauh dari angka tersebut karena habitatnya terus menyusut dan pembunuhan yang terus terjadi.

Baca Juga: Sayangi Hewan Peliharaan, Pet Insurance Bisa Jadi Pilihan
 

Gajah Rentan Diburu

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada Senin (12/7), media sosial sempat dihebohkan dengan kabar seekor gajah yang ditemukan sudah tidak bernyawa dengan kondisi tanpa kepala di salah satu hutan di wilayah Naggroe Aceh Darussalam. Mirisnya, hal tersebut bukanlah hal yang pertama kali terjadi.

Berdasarkan CITES (perjanjian internasional yang mengatur perdagangan spesies), spesies ini tidak boleh diperjualbelikan, Namun, perburuan gajah dan perdagangan gadingnya menjadi salah satu ancaman serius bagi populasi gajah dan peluang bagi pemburu gajah.


Kini, gading gajah banyak diperjualbelikan secara ilegal karena permintaan tinggi produk gading di pasar gelap internasional. Gading gajah banyak diburu, dijadikan sebagai ukiran dan aksesoris.

Banyak orang percaya bahwa memiliki produk ukiran atau aksesoris dari gading gajah tersebut bisa mengangkat derajat sosial bagi masyrakat yang memilikinya. Hal ini bisa menyebabkan populasi gajah terus menurun dan mengantarnya ke gerbang kepunahan.

Parahnya, gading gajah bahkan dijual di sejumlah e-commerce lho! Diketahui, sepasang gading gajah bisa diperjualbelikan dengan kisaran harga mencapai Rp 60 juta!

Nah, jadi Be-emers sebetulnya apapun hewanya tetap kita harus sayangi yah! Salah satunya gajah, jika Gajah bisa berbicara, aku yakin sekali Gajah akan selalu dekat dengan kita agar bisa saling melindungi satu sama lain!