Sayangi Hewan Peliharaan, Pet Insurance Bisa Jadi Pilihan

Pet - Canva

Pet - Canva

Like

Kebayang enggak sih, kalau hewan peliharaan kesayangan kamu mendadak sakit?

Pastinya, kamu akan sedih dan cemas. Belum lagi, biaya pengobatannya yang merogoh kocek cukup dalam.

Nah, enggak cuma kita nih yang butuh asuransi, hewan peliharaan pun begitu. For your information, dari jasa pemeliharaan hewan hingga perusahaan asuransi rupanya punya layanan asuransi khusus hewan peliharaan lho, Be-emers!

Baca Juga: Mau Punya Hewan Peliharaan? Perhatikan Dulu Biayanya!
 

Pet Kingdom

Salah satunya yakni Pet Kingdom. Perusahaan ritel yang fokus di hewan peliharaan ini, sejak 2017, punya layanan asuransi hewan.

Dilansir dari laman Bisnis, asuransi yang ditawarkan berupa:
  • Risiko kematian
  • Kehilangan
  • Biaya pengobatan akibat kecelakaan atau penculikan.
 

Simas Pet Insurance

Selain itu, PT Asuransi Sinar Mas juga menyediakan layanan serupa nih. Layanan yang diberi nama Simas Pet Insurance ini juga akan memberikan perlindungan kepada hewan peliharaan kamu dari hal-hal yang enggak diinginkan, khususnya untuk kucing dan anjing.


Berdasarkan info dari laman Sinar Mar, layanan Pet Insurance ini punya 9 paket jaminan yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Adapun, jaminan yang diberikan meliputi:
  • Kematian akibat kecelakaan
  • Risiko pencurian disertai kekerasan
  • Risiko tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga

Sementara itu, batasan umur hewan yang diasuransikan yakni umur 2 bulan - 3 tahun untuk penutupan baru dan umur 4-8 tahun untuk renewal atau perpanjangan. Meski begitu, jenis hewan peliharaan yang bisa diasuransikan yakni anjing bersertifikat stambum dan kucing bersertifikat ICA.

Adapun, pemberitahuan klaim harus kamu berikan dalam waktu 3x24 jam dengan mengisi form klaim dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan jenis klaimnya. Validasi dokumen klaim tersebut maksimal 30 hari sejak tanggal kejadian.

Menurut Founder Komunitas Pecinta Golden, dikutip dari laman Bisnis, fasilitas semacam ini sangat diperlukan. Meski begitu, baginya, menjaga keselamatan hewan peliharaan berarti menjaga keselamatan makhluk hidup.

Jadi, enggak boleh menghitung untung-ruginya. Soalnya, menjaga hewan adalah kewajiban bersama.

Baca Juga: Lucu dan Bikin Gemes, Ini Peluang Cuan dari Hewan Peliharaan