ESports dan Para Gamers yang Cuan Hingga Lebih dari US$1 Juta!

ESports Gamers Illustration Bisnis Muda - Canva

Like

Kata siapa main game itu artinya bermalas-malasan? Kini, bermain game dengan menjadi atlet Esports bisa jadi cuan lho, Be-emers!

Dikutip dari Forbes, hingga akhir 2019, ESports rupanya telah melanjutkan pertumbuhannya secara global dengan cepat, yakni hingga lebih dari US1 miliar! Penelitian Green Man Gaming juga menunjukkan kalau ESports di tahun 2019 telah memiliki lebih dari 443 juta audiens di seluruh dunia lho!

Forbes menyebutkan bahwa pencapaian tersebut menunjukkan bahwa ESports sedang dalam perjalanan cepat untuk menjadi pasar yang paling menguntungkan secara finansial di planet ini! Tentu saja, hal itu terjadi berkat adanya eksposur dan minat yang tinggi pada turnamen-turnamen besar.

Disebutkan, sejak tahun 1998 hingga 2019, jumlah atlet ESports yang profesional juga telah tumbuh 43 persen nih, Be-emers. Bahkan, menurut data Statista, dari turnamen ESports hingga April 2021, The International 2019, yang berlangsung di Shanghai pada Agustus 2019 dan menampilkan DOTA 2, menempati peringkat pertama dengan total hadiah sebesar 34,33 juta dolar AS.

ESport juga menjanjikan imbalan finansial fantastis hingga lebih dari US$3 juta kepada para atletnya. Makanya enggak heran, Forbes menyebutkan kalau Esports telah menjadi kekuatan dominan dalam industri rekreasi dan hiburan global!


Lalu, siapa saja atlet ESports yang pernah cuan hingga lebih dari US$1 juta?

Baca Juga: Founder PUBG Akan Jadi Miliarder Setelah Krafton IPO

 

ESports Gamers Illustration Bisnis Muda - Canva

 

Newbee eSports Club Pecahkan Rekor Dunia dan Menang US$5 juta

Di tahun 2014, klub atlet Esports asa China, yaki Newbee eSports Club menggemparkan dunia karena berhasil memenangkan US$5,028 juta dalam turnamen ESports yang diadakan di Amerika Serikat. Bahkan, kemenangan Newbee berhasil memecahkan rekor dunia lho!

Dilansir dari laman Guinness World Record, tim yang beranggotakan lima orang itu membawa pulang hadiah pemecahan rekor setelah mengalahkan tim rival China Vici Gaming selama The International 4 (TI4) di KeyArena, di Seattle, Washington pada July 2014.

Newbee berhasil menjadi pemenang dalam arena pertempuran online multipemain Dota 2, dengan total hadiah mencapai US$10,9 juta. Adapun, dalam perhelatan internasional tersebut, diketahui Pembuat Dota 2, Valve menyumbangkan US$1,6 juta dari hadiah tersebut lho.
 

Paris Saint-Germain-LGD

Di pertarungan game Dota 2 tahun 2018, rupanya membawa kesempatan emas bagi klub ESports asal Perancis dan China nih. Jadi, Paris Saint-Germain-LGD ini merupakan kemitraan antara klub bola Paris Saint-Germain asal Perancis dengan organisasi ESports LGD Gaming asal China.

Kerennya, klub tersebut berhasil memenangkan hadiah hingga US$3,4 juta lho dari berbagai kompetisi ESports di tahun 2019!

 

ESports Gamers Illustration Bisnis Muda - Canva

 

Tim OG, Klub ESports Paling Tajir

Nah, buat kamu para gamers, pasti sudah enggak asing lagi sama tim OG nih. Soalnya, Tim OG didapuk menjadi tim ESports paling tajir lho!

Dilansir Sportskeeda, OG pernah memenangkan “The International” di tahun 2001 melawan tim China yakni PSG.LGD dan mendapatkan US$11,23 juta! Di tahun 2019, OG pun kembali memecahkan rekor dengan menjadi tim pertama yang mengangkat trofi dua kali.

Alhasil, tim OG berhasil mendapat membawa pulang US$15,60 juta! Hal ini pun mempengaruhi grafik kekayaan bersih mereka di kancah ESports.

Gimana dengan tim ESports jagoan kamu?