Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Lebih Kaya!

Minimalis (Sumber gambar: Image by Dimitris Christou from Pixabay )

Like

Be-emers tahu tidak apa itu hidup minimalis? Gaya hidup ini bukan sekadar hanya berhemat atau mengurangi pembelian barang-barang seperti fashion, elektronik dan barang-barang mewah lainnya, tetapi juga mengubah pemikiran kamu untuk mengurangi “Obsesi” terhadap suatu barang.

Shopping tentunya mampu memberikan kepuasaan dan kebahagiaan, hanya saja itu bersifat sesaat. Jika tidak disadari dengan segera, hanya akan membuang-buang waktu, tenaga dan uang.

Berikut ini beberapa hal yang bisa be-emers lakukan untuk tetap berinvestasi dengan pola hidup minimalis:

Fokus Pada Kebutuhan
Kebanyakan orang membeli barang hanya karena flashsale/diskon padahal dia tidak begitu membutuhkannya. Sebelum membeli barang coba renungkan dulu apakah kamu butuh atau hanya sekedar keinginan. Fokuslah pada barang yang dibutuhkan saja, dengan begitu pengeluaranmu tidak boncos.

Membeli Barang yang Multifungsi dan Berkualitas

Hindari membeli barang murahan, lebih baik membeli barang berkualitas dan multifungsi karena akan menghemat pengeluaranmu. Jadi, kamu tidak perlu membeli barang terlalu banyak dan juga barang berkualitas baik tentunya lebih tahan lama daripada barang yang lebih murah. Selain itu perawatannya juga tidak begitu rumit. Di zaman seperti sekarang ini, kamu bisa memanfaatkan promo/diskon/flashsale untuk membeli barang berkualitas dengan harga affordable.

Rawat Barang Dengan Baik
Piawailah dalam merawat barang, alhasil kamu tidak akan membuat keuanganmu boncos karena pengeluaran tambahan untuk mengganti ataupun servis barang yang rusak. Memang sulit untuk keluar dari kebiasaan yang konsumtif, diperlukan konsistensi dalam menjalaninya agar dapat merasakan manfaat dari gaya hidup minimalis terutama pada keuanganmu.

Materi Bukan Tolak Ukur Kekayaan
Tolak ukur kekayaan adalah aset ataupun investasi yang dimiliki. Jadi barang konsumtif yang kamu miliki tidak akan menambah kualitas kehidupanmu karena yang sering terjadi kamu membeli barang hanya untuk menghilangkan gengsi kamu saja. Ubahlah kebiasaan seperti itu, karena akan membebani keuanganmu seperti membayar kredit berbunga tinggi.

Mensyukuri Yang Sudah Ada
Terobsesi untuk tampil “up to date” membuat kamu semakin konsumtif. Jangan hanya ikuti keinginan saja karena itu tidak akan ada habisnya, syukurilah apa yang sudah kamu punya dan cukup membeli yang kamu benar-benar membutuhkannya.