Penting! Perhatikan 4 Hal Ini Ketika Kamu Belanja Online!

Perhatikan hal ini ketika kamu belanja online (Sumber gambar: bisnis.kompas.co)

Like

Di era disrupsi teknologi saat ini, berbelanja online sudah menjadi bagian aktivitas masyarakat Indonesia. Mulai dari barang sehari-hari hingga ke barang langka yang ada di luar negeri. 

Alhasil, banyak orang yang lebih menggunakan toko online untuk memenuhi kebutuhannya dibandingkan harus belanja ke toko konvensional. Akan tetapi, tidak sedikit juga orang yang justru kecewa berbelanja online karena tidak sesuai dengan ekspetasi. 

Maka penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini agar kamu tidak kecewa ketika berbelanja online

Dilansir dari bisnis.kompas.co, ada 4 hal yang perlu diperhatikan ketika hendak berbelanja online sebagai berikut: 

Reputasi Penjual 
Terdapat banyak toko online yang menjual barang-barang kebutuhan yang sama. Penting untuk kalian melihat penilaian dari para pembeli sebelumnya di toko itu. 


Ketika rating yang diberikan di toko itu bagus, sudah dipastikan toko itu memiliki barang yang berkualitas tinggi atau kemiripan foto dengan barang asli sudah tidak diragukan lagi.

Ulasan dari pembeli juga menjadi tolok ukur kita dalam membeli barang itu, jika banyak ulasan negatif, sebaiknya pertimbangkan lagi untuk membeli barang di toko itu.

Harga 
Harga juga kadang mempengaruhi kualitas barang. Bahkan, tidak sedikit ketika kita melihat para toko online menjual barang yang harganya tidak masuk akal.

Apalagi, jika dijual dengan harga yang terlalu murah. Hal ini bisa berujung pada penipuan. Maka sangat penting untuk melakukan riset harga yaitu dengan membandingkan harga toko satu dengan toko yang lain.

Deskripsi Barang 
Nah, hal ini juga tidak kalah penting ketika kita hendak membeli sesuatu di toko online. Terkadang gambar terlihat menampilkan 2 produk yang kita kira kita bisa mendapatkan hanya dengan harga yang tertera. 

Tanpa disadari, berbeda dengan penjelasan yang ada di deskripsi barang, bahwa foto biasanya hanya menjadi referensi saja. Aslinya, mereka tetap menjual 1 barang dengan harga yang ditentukan. 

Jadi, supaya kita tidak kecewa nantinya, penting kita membaca deskripsi barang terlebih dahulu untuk memastikan kualitas dan kuantitas barang.

Syarat dan Ketentuan Pembeli 
Terdapat banyak toko online yang memberikan syarat dan ketentuan dalam menjual barangnya. Melalui beberapa syarat tersebut, pembeli biasanya mendapatkan garansi, diskon dan lain-lain.

Misal, terdapat toko online yang menyediakan voucher cashback hingga Rp100 ribu dengan minimal belanja Rp250 ribu. Nah, dari sini kita bisa lihat diskon yang diberikan toko kepada para customer/pembeli.

Nah, itulah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak berbelanja online.

Pastikan kalian sudah memahami nya ya :)

Baca Juga: Belanja Online Emang Gampang, Tapi Gampang Pula Bikin Keuangan Kalian Bermasalah