Baru Tahu! Rutin Minum Kopi Bagus untuk Kesehatan Hati

Manfaag kopi untuk kesehatan hati (Sumber gambar: lifestyle.okezone.com)

Like

Banyak orang yang mengonsumsi kopi dan menjadikan sebagai minuman rutinitas pagi hari karena khasiatnya sebagai pembangkit stamina. 

Akan tetapi, menurut peneliti, kopi ternyata juga baik untuk kesehatan hati. Kandungan kafeinnya memberikan efek yang positif bagi tubuh. 

Tidak heran jika banyak orang yang mengonsumsi sebelum melakukan aktivitas. Kopi juga terbukti bisa bikin mata melek dan menghilangkan rasa kantuk. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Mengkonsumsi Kopi Setiap Hari, Ini Akibatnya!

Melansir dari detik.com, apabila mengonsumsi kopi dengan tepat, akan bagus untuk kesehatan jantung. Peneliti juga mengungkap bahwa mengonsumsi kopi secara rutin dapat menjaga kesehatan hati.


Berdasarkan penelitian dalam jurnal BMC Public Health, orang yang sering mengonsumsi kopi akan memiliki hati yang lebih sehat. 

Bagi mereka yang mengonsumsi kopi juga memiliki risiko 21 persen lebih kecil terkena gangguan hati. Bahkan juga memiliki risiko 20 persen lebih kecil terkena penyakit hati kronis. 

Tidak hanya itu, melalui sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris, kopi telah terbukti dapat menjaga kesehatan hati. 

Studi ini hampir meneliti sebanyak 495.000 orang yang rutin minum kopi kurang lebih selama 12 tahun, dan mereka terbukti memiliki hati yang lebih sehat.

Hal ini karena kopi mengandung kadar antioksidan dua kali lebih tinggi. Para peneliti juga membuktikan bahwa kandungan antioksidan ini memiliki sifat anti-inflamasi.

Baca Juga: Baru Tahu! Ini Manfaat Kopi untuk Kesehatan Rambut!