Justin Sun, CEO TRON yang Beli NFT Seharga Rp 8,7 Miliar!

Justin Sun Illustration Web Bisnis Muda - Google Images

Like

Belum lama ini, dunia kripto dihebohkan dengan aksi Justin Sun yang tidak disangka. Lelaki berusia 31 tahun itu menghabiskan $611.710 atau sekitar Rp 8,7 miliar untuk sebuah NFT EtherRock!

Bahkan, Justin sendiri tidak dapat membawa pulang apa yang dia beli, karena benda tersebut hanya berupa clipart berbentuk batu. Nggak habis pikir ya, Be-emers!
 

Siapa itu Justin Sun?

Justin Sun, yang lahir pada 30 Juli 1990, adalah seorang pengusaha teknologi yang sangat terkenal di industri blockchain. Ia adalah founder dari TRON Foundation, yang juga menjabat sebagai CEO Rainberry Inc. dan BitTorren sejak bulan Juni 2018 lalu.

Sebelumnya, Justin memimpin pengembangan untuk perusahaan Ripple di China. Selain itu, ia juga mendirikan Pei Wo, yang merupakan aplikasi chat populer di China dan telah diunduh oleh 10 juta pengguna, yang menjabat sebagai CEO hingga Juli 2017.

Mr. Sun menjadi Davos Global Shaper di tahun 2014 dan juga masuk ke dalam daftar Forbes 30 Under 30 China dan juga Asia pada tahun 2017.

Justin Sun memperoleh gelar magisternya dari UPenn di tahun 2013, dan gelar BA dalam sejarah dari Universitas Peking tahun 2011.

 

Bagaimana perjalan karir Justin Sun?

Ketika ia berusia 26 tahun, Sun dipilih oleh Jack Ma untuk belajar di Universitas Hupan, dan merupakan satu-satunya milenial di antara lulusan pertamanya.

Pada Juni 2019, Sun mengajukan tawaran sebesar $4,5 juta atau sekitar Rp 64 miliar, yang memecahkan rekor untuk mendapat kesempatan makan siang pribadi bersama CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett.

Sayangnya, acara private lunch itu harus diundur hingga Januari 2020. Untungnya jadi ya, Be-emers!

Pada Maret 2021, Sun menjadi penawar dalam lelang bersejarah, yaitu Beeple NFT Collection Everydays: The First 5000 Days senilai $69 juta atau setara dengan Rp 981,5 miliar di Christie’s New York.
 

Lalu, bagaimana dengan perusahaan TRON miliknya?

Didirikan pada tahun 2017, TRON berusaha untuk menciptakan ekosistem internet terdesentralisasi yang efisien, terukur, dan hemat biaya, Be-emers.

Sejak saat itu, TRON berkembang menjadi salah satu platform blockchain dan smart contract terbuka paling aktif di dunia, lho! Saat ini, perusahaan milik Sun tersebut telah memiliki lebih dari 32 juta akun pengguna.

Selain tu, mereka juga memiliki portofolio kuat dari sekitar 150 DApps aktif dengan rata-rata transaksi per hari sebesar satu juta kali.

Protokol stable-coin TRON adalah rumah bagi sirkulasi USTD terbesar, yaitu senilai $29 miliar (Rp ), terhitung lebih dari 50 persen total pasokan global.

Berlokasi di San Francisco, BitTorrent berada di belakang protokol komunikasi P2P terbesar. Protokol tersebut digunakan untuk memindahkan sebagian besar traffic internet dunia setiap harinya. 

Turbo-charged sebagai cabang dari protokol BitTorrent dan TRON, dan juga BTFS network yang merupakan generasi baru dari sistem penyimpanan web terdesentralisasi.