Lindungi Anak di Bawah Umur, Tanggal Lahir Akan Jadi Syarat Gunakan Instagram

Instagram Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Ada kebijakan baru dari Instagram, nih! Pengguna instagram akan diwajibkan untuk mengonfirmasi ulang tahun mereka sebagai bagian dari upaya menciptakan fitur keamanan baru untuk anak muda.

Bagi anak-anak di bawah usia 13 tahun, Instagram telah mengeksplorasi pembuatan versi aplikasinya. Hal itu menyebabkan anggota parlemen untuk mendesak Facebook membatalkan rencana tersebut, dengan mengatakan perusahaan media sosial itu memiliki catatan yang jelas tentang kegagalan melindungi anak-anak di platform-nya.

Instagram mengatakan akan memberikan pengalaman yang tepat untuk kelompok usia yang tepat. Sebulan yang lalu, pengguna instagram yang masih di bawah 16 tahun akan di set sebagai akun pribadi.

Aplikasi akan mendata tanggal lahir para penggunanya dengan cara menampilkan pemberitahuan pop-up jika pengguna belum memasukkan tanggal lahir mereka.

Hanya pengguna Instagram yang sebelumnya belum menginput tanggal lahir mereka di aplikasi yang dipengaruhi oleh perubahan tersebut.


Saat ini, instagram sedang mengembangkan teknologi untuk mengatasi masalah pemalsuan tanggal lahir.

Para pengguna dapat mengabaikan notifikasi tersebut, namun pihak Instagram menjelaskan bahwa jika pengguna tidak mau mengisi data tanggal lahir, maka mereka tidak bisa lagi menggunakan aplikasi tersebut.

Dilansir dari The Verge, Instagram memaparkan tujuan kebijakan ini, yaitu upaya untuk menjadikan platform sosial media Instagram ini lebih aman dan kondusif untuk anak-anak di bawah umur dan belum dewasa.

Selain itu, kebijakan ini dibuat untuk membatasi interaksi orang asing dengan pengguna di bawah umur. Dan juga untuk mengkurasi iklan bagi para pengguna muda.

Nantinya, Instagram akan menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) yang diperuntukkan sebagai pendeteksi usia agar menghindari penipuan.