Kiat Sukses Untuk Youtuber Pemula

Kiat Sukses Untuk YouTuber Pemula

Like

Siapa yang tidak mengenal istilan Youtuber. Youtuber merupakan suatu istilah yang di berikan kepada konten kreator atau kreator video di Youtube. Akhir-akhir ini istilah "Youtuber" cukup populer di telinga masyarakat. Termasuk anak anak muda. Bahkan tak sedikit orang yang bercita cita ingin menjadi seorang youtuber untuk membahagiakan orang tuanya. Hal ini dikarenakan dengan menjadi kreator video di youtube, maka bisa menghasilkan uang dengan setiap video yang di unggah.

Banyak orang-orang sukses setelah menjadi youtuber atau konten kreator di platform youtube. Salah satu contohnya Justin dengan akun youtube channel 'Jess No Limit'. Awalnya platform YouTube sendiri merupakan tempat berbagi video streaming secara online yang hanya sebagai tempat bagi orang-orang yang mau membagikan konten tentang kehidupan pribadi hingga acara hiburan. 

Hingga membuat platform ini menjadi populer di Dunia, dan menjadikannya sebagai ladang baru untuk meraup pendapatan tambahan bagi perusahaan induknya melalui penayangan iklan. Youtuber yang mempunyai saluran YouTube harus mengikuti persyaratan yang di tentukan agar bisa memonetise dan menghasilkan uang, di antaranya :

1. Harus mempunyai saluran youtube
2. Harus mempunyai jumlah jam tayang sebesar 4000 jam dan 1000 subscriber. 
3. Mendaftar menjadi mitra YouTube dan mendaftar ke program partner YouTube.


Ada beberapa anjuran bagi youtuber pemula yang akan terjun ke platform berbagi video YouTube dan menghaisilkan tambahan penghasilan, Beberapa anjuran tersebut yaitu :

1. Niat Awal Jadi YouTube Jangan Semata - mata Untuk Mendapat Uang

Banyak orang-orang yang gagal menjadi YouTuber terkenal dan bahkan depresi setelah mengetahui mereka tidak mampu untuk menggaet pengikut/subscriber di akun YouTubenya. Ini karena niat awal membuat akun YouTube adalah hanya untuk mencari uang saja. Banyak YouTuber terkenal saat ini yang telah sukses, dan pada awalnya mereka membuat saluran hanya untuk mendokumentasikan aktifitas sehari-harinya kepada seluruh penggemarnya.

Jadikan uang yang di hasilkan dari YouTube sebagai bonus anda setelah pengikut/subscriber telah berhasil di kumpulkan nantinya. Karena pasti dengan sendirinya, jika pengikut sudah mulai datang ke channel anda, maka bonus (uang) pun akan datang dengan sendirinya.

2. Fokus Pada Satu Konten

YouTuber pemula di sarankan agar dapat fokus pada satu jenis konten (niche) video. Upayakan jangan membuat jenis konten yang "campur-campur". Misalnya, anda memiliki keahlian memasak dan ingin membuat channel YouTube tentang cara memasak. Nah, fokuslah pada satu jenis konten tersebut pada awal pembuatan channel anda.

Jika pada awal pembuatan channel anda, sudah di isi dengan banyak video dengan tema konten yang berbeda-beda takutnya pengikut anda akan merasa tidak tertarik dengan channel anda. Dan mereka lebih memilih untuk menonton konten sejenis pada channel lain.

3. Konsisten

Banyak YouTuber pemula yang awal-awal pembuatan channel YouTube merasa punya semangat yang besar dan ber api-api, dan ketika beberapa bulan kemudian semangat mereka menjadi kendor. Apalagi melihat channel YouTube nya stagnan bahkan sama sekali tidak mendapatkan tambahan pengikut/subscriber, rasanya sangat putus asa.

Di sini 'iman' seorang konten kreator rasanya sedang di uji, apakah akan lanjut atau berhenti. Kreator yang baik pasti dia akan memilih lanjut dan mengevaluasi channel YouTubenya, apa yang kurang dan apa yang perlu di benahi. Seorang kreator harus tetap konsisten melalukan evaluasi channel. Juga harus konsisten dalam mengunggah video terbaru di channelnya. 

Bisa jadi penyebab channelnya sepi pengikut di karenakan tidak konsisten dalam mengupdate video terbaru. Maka menjadi seorang konten kreator pemula, anda harus konsisten memberikan update video sekaligus lakukan evaluasi channel, mulai dari isi konten, hingga SEO YouTube.

4. Pelajari SEO YouTube

SEO atau Search Engine Optimization adalah metode yang di lakukan oleh seorang YouTuber untuk mengoptimasi channel YouTubenya dengan tujuan agar setiap video yang di unggah bisa dengan mudah di temukan di pencarian YouTube. 

Mempelajari SEO YouTube merupakan hal wajib di lakukan oleh konten kreator. Dalam mempelajari SEO YouTube harus memperhatikan beberapa hal dasar dan utama antara lain, penentuan judul video, deskripsi video, tag video dan thumbnail video.

5. Jangan Lupa Daftar Program Partner YouTube/ADSENSE

Hal terakhir yang juga harus di lakukan oleh YouTuber pemula jika channel YouTube nya telah memenuhi pernyaratan untuk mendaftar ke program partner YouTube adalah daftar google Adsense. Tujuan nya adalah untuk memonetisasi saluran YouTube dan mendapatkan penghasilan.

Pastikan anda mengisi dengan benar formulir pendaftaran pada menu adsense dan program partner YouTube, dan kemudian anda harus menunggu selama 2 hari lamanya, untuk di nilai dari pihak YouTubenya.

Sekali lagi penghasilan yang di dapatkan adalah sebuah bonus yang di berikan Pihak YouTube. Jadikan bonus tersebut sebagai motivasi untuk membuat konten lebih baik lagi di saluran Anda. Demikian sedikit informasi seputar dunia per YouTube an, semoga bermanfaat.