Pergi dan Pulang Naik KRL? Ini Gaya Hidup Baru Warga Jabodetabek

KRL (Sumber gambar: katadata.co.id)

Like

KRL kini sudah menjadi salah satu moda transportasi favorit warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Cikarang, dan Bekasi. Banyak orang yang bergantung dengan KRL ini, mereka ada yang berpergian untuk bekerja mencari nafkah keluarga. Ada juga yang hendak berbelanja kebutuhan, wisata, berobat, sekolah, dan masih banyak lagi kegiatan rutin yang bisa ditempuh dengan KRL.

Kelebihan KRL yang begitu banyak ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penumpangnya. Hanya dengan uang sebesar tiga ribu rupiah sampai lima ribu rupiah saja, sudah dapat menikmati fasilitas yang disediakan KRL. Untuk kelengkapannya juga luar biasa, sangat jauh berbeda dengan kondisi KRL pada dahulu kala.

KRL saat ini sudah memiliki gerbong yang dingin, bersih, rapi, dan tertata. Selain gerbongnya, kata tertata juga bisa disematkan pada peron, stasiun, pintu masuk, parkiran, sampai mesin tiket dan juga loket yang siap melayani penumpang.

Keamanan juga terjamin, terlihat dari keamanan barang-barang bawaan penumpang yang sudah sangat jarang ada yg hilang dan satpam atau security yang siap menjaga juga membantu setiap kebutuhan penumpang. KRL juga bisa dikatan ramah disabilitas, lansia, ibu hamil, dan anak-anak.

Di dalam gerbong disediakan kursi untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Di peron dan stasiun juga disediakan kursi roda untuk mengantar penumpang yang tidak bisa berjalan jauh. Namun, belum semua stasiun ramah akan orang-orang istimewa ini ya, karena memang fasilitas kursi roda ada tetapi jarak tempuh sampai ke titik jemput kendaraan umum atau pangkalan ojek itu kadang sangat jauh atau dekat tapi tidak rata sehingga menyulitkan pejalan kaki istimewa ini.


Bahkan masih ada beberapa stasiun yang security-nya agak kurang perhatian atau kurang inisiatif, tetapi sebagian besar stasiun sudah sangat perhatian dengan disabilitas kok jadi tidak perlu dicemaskan. 

Kini KRL sudah kembali ramai, karena penggunaan aplikasi PeduliLindungi memudahkan penumpang yang sudah vaksin tidak perlu membawa surat STRP lagi.

Jadi apakah kamu sudah pernah merasakan nikmatnya naik KRL untuk berpergian? Yuk, sharing kegiatan kamu selama naik KRL!