Instagram Tak Lagi Jadi Media Sosial Favorit Kaum Remaja

Instagram Tak Lagi Jadi Media Sosial Favorit Kaum Remaja Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Baru-baru ini, melalui survey yang bernama Taking Stock with Teens, perusahaan keuangan Piper Sandler menyebutkan bahwa Instagram tak lagi menjadi media sosial yang paling digandrungi oleh remaja, lho!

Pada laporan tersebut, terkuak data bahwa 35 persen remaja paling menyukai Snapchat sebagai platform media sosial. Posisi kedua diduduki oleh TikTok dengan angka 30 persen.

Kini, Instagram ada di posisi ketiga, lho, Yaitu dengan perolehan persentase sebesar 22 persen.

Baca Juga: Lindungi Anak di Bawah Umur, Tanggal Lahir Akan Jadi Syarat Gunakan Instagram

Facebook dan Twitter yang dulu sempat menjadi media sosial yang ramai digunakan, kini menempati posisi bawah dengan perbedaan angka yang jauh, yaitu 2 persen. Penelitian itu menyebutkan bahwa Facebook cenderung digunakan oleh orang tua.


Melansir dari Gizmodo, Twitter merupakan media sosial yang terbuka bagi pengguna usia muda dengan sedikit pengguna usia tua. Hal itu menyebabkan para remaja merasa bebas memposting hal-hal unik dan aneh, serta hiburan lainnya.

Akan tetapi, minat terhadap Twitter mulai menurun ketika platform media sosial tersebut digunakan sebagai media politik.

Baca Juga: Instagram Tunda Pengembangan Aplikasi untuk Anak-Anak, Kenapa Ya?

Di sisi lain, Facebook merupakan media sosial yang tidak terlalu populer di kalangan remaja. Target konsumennya merupakan orang tua yang melek digital, seperti ibu, ayah, bahkan paman dan tantemu.

Menurut data dari Statista tahun 2020, mereka menemukan 71 persen pengguna di atas 56 tahun yang menggunakan media sosial mengatakan bahwa mereka menggunakan Facebook.

Meskipun Instagram jadi media sosial yang banyak didambakan dan diandalkan banyak orang (atau netizen), tetap saja kedudukan Instagram ternyata harus dikalahkan oleh Snapchat.

Kalau kamu, tim Snapchat atau IG Story nih?

Baca Juga: Apa Instagram Bisa Dijadikan Barang Bukti Ketika Diduga Melanggar UU ITE?