Skill Wajib yang Dibutuhkan Seorang Investor, Apa Aja Ya?

Skill Wajib yang Dibutuhkan Seorang Investor, Apa Aja Ya? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Saat ini, kaum milenial sedang berlomba-lomba terjun ke dunia investasi. Mulai dari investasi saham hingga cryptocurrency, banyak milenial yang tertarik untuk menekuni dunia investasi tersebut.

Nah, sebenarnya, jadi investor itu cukup tricky lho, Be-emers! Sebagai investor, kamu juga harus memiliki komitmen dan tekad yang kuat. Ada beberapa skill dasar yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi seorang investor. Yuk, simak selengkapnya!
 

Membaca Laporan Keuangan Perusahaan

Untuk bisa membaca laporan keuangan suatu perusahaan, kamu bisa mengakses website Bursa Efek Indonesia dan juga website resmi perusahaan publik tersebut, Be-emers.

Untuk mendapatkan laporan keuangan dari website Bursa Efek Indonesia, langkah yang diperlukan cukup mudah, lho. Kamu hanya perlu klik menu Perusahaan Tercatat, pilih Laporan Keuangan dan Tahunan, lalu unduh laporan keuangan yang kamu inginkan.
 

Analisis dengan Logika

Sebagai investor, kamu membutuhkan kemampuan analisa teknikal dan logikal yang baik dalam berinvestasi. Jangan sampai kamu cepat dan mudah tergiur dengan saham yang sedang naik tanpa menganalisis lebih dalam tentang emiten saham tersebut.

Kamu harus menganalisis menggunakan logika, apakah peningkatan harga saham tersebut akan berlangsung dan bertahan lama ataukah tidak melalui analisa fundamental yang kuat.
 

Manajemen Keuangan

Mayoritas sektor usaha terkena dampak pandemi Covid-19 yang akhirnya juga mempengaruhi kinerja pasar saham. Karena hal tersebut, tak jarang banyak investor yang akhirnya panik dan malah menarik uangnya.


Perlu diingat ya Be-emers, bahwa investasi saham bukanlah dana darurat, melainkan sebuah investasi yang diperuntukkan untuk berlangsung jangka panjang.

Sebagai investor, kamu harus bisa mengatur keuanganmu sendiri dengan baik. Pisahkan dana darurat dengan dana yang akan kamu gunakan untuk berinvestasi. Pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas dalam mengatur keuanganmu ya, Be-emers!
 

Memahami Tren Pasar

Berbeda dengan analisis fundamental dan teknikal, ada tiga arus penting dalam membaca tren pasar. Ketiganya yaitu tren bullish, bearish, dan juga sideway.

Tren bullish sendiri merupakan kondisi di mana harga saham mengalami kenaikan dalam waktu tertentu, sedangkan tren bearish merupakan kebalikannya, yaitu kondisi penurunan harga saham pada periode tertentu.

Sedangkan tren sideway sendiri merupakan kondisi harga saham yang datar, tidak naik ataupun turun, yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Nah, kira-kira kamu sudah punya semua skill di atas belum, Be-emers?