Facebook Resmi Ganti Nama Jadi Meta! Apa Rencana Mark Zuckerberg Selanjutnya?

Facebook Ganti Nama Jadi Meta Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google/Canva

Like

Kabar mengejutkan datang dari perusahaan milik Mark Zuckerberg nih, Be-emers. Bukan hanya wacana, kali ini Facebook Inc. telah resmi mengganti namanya menjadi Meta.

Dalam beberapa waktu belakangan, Facebook berhasil mencuri perhatian publik. Enggak hanya prestasi, sejumlah polemik juga harus membayangi perusahaan yang dibangun Mark Zuckerberg sejak 2004 itu.

Di sepanjang tahun 2021, data Statista mencatat, Facebook Inc. berhasil menjadi pemimpin pasar dan media sosial nomor satu lho! Meski begitu, Facebook yang berhasil meraih valuasi US$1 triliun di pertengahan 2021 itu harus berhadapan dengan laporan The Facebook Papers.

Sekedar info, laporan yang dipublikasi oleh The Wall Street Journal itu menyorot sejumlah kasus seperti program khusus pengguna elit Facebook (XCheck), algoritma News Feed Facebook, hingga platform Instagram yang dilaporkan mengganggu kesehatan mental remaja Amerika Serikat.

Menariknya nih, di tengah polemik tersebut, Facebook justru berencana untuk rebranding. 
Alhasil, hal tersebut bukan hanya wacana, sebab kini Facebook Inc. telah berganti wajah baru dengan nama Meta.


Baca Juga: Dibayangi Banyak Kasus, Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Facebook
 

Rencana Mark Zuckerberg Setelah Berubah Jadi Meta

Sebelumnya, The Verge menyebutkan kalau rebranding Facebook akan fokus pada metaverse. Dilansir Bloomberg, ada sejumlah rencana ke depan yang akan dilakukan perusahaan Mark Zuckerberg pasca ganti nama menjadi Meta.
 

1. Membangun Metaverse

Mark Zuckerberg menyebutkan, kunci masa depan Facebook ada pada konsep metaverse. Dalam visi Meta, orang-orang akan berkumpul dan berkomunikasi dengan memasuki lingkungan virtual.

Jadi, kegiatan yang biasanya dilakukan dengan saling bertemu secara langsung, kini bisa dilakukan secara virtual. Misalnya, berbicara dengan rekan kerja di ruang rapat atau berkumpul dengan teman di berbagai penjuru dunia.

Membangun metaverse juga akan memungkinkan Meta untuk mengurangi ketergantungannya pada sistem operasi seluler dan pembuat browser seperti Google dan Apple Inc.. Selain itu, metaverse memungkinkan Meta untuk mendiversifikasi bisnisnya pada saat menghadapi tekanan baru di pasar media sosial, seperti bersaing dengan TikTok.

 

Facebook Ganti Nama Jadi Meta Illustration Web Bisnis Muda - Image: Google

 

2. Reality Labs

Meta dikabarkan akan mulai fokus pada pengembangan divisi Reality Labs nih, Be-emers. Divisi baru dari Meta ini tujuannya untuk memisahkan bisnis periklanan digital utamanya dari investasi barunya di AR (Augmented Reality) dan VR (Virtual Reality).

Hal itu dilakukan agar investor dapat melihat biaya dan pendapatan yang terkait dengan upaya tersebut. Meta, dikutip Bloomberg, juga akan memanfaatkan laba perusahaan tahun ini untuk fokus investasi Reality Labs.
 

3. Kode Saham Berubah, Tapi Struktur Perubahan Tetap Sama

Resmi berganti nama jadi Meta, kode saham Facebook pun berubah menjadi MVRS nih, Be-emers. Hal itu berlaku mulai 1 Desember 2021 mendatang.

Meski begitu, nama baru enggak bakal mempengaruhi cara perusahaan menggunakan atau membagikan data. Selain itu, struktur perusahaan juga enggak berubah kok.

Aplikasinya juga enggak berganti nama. Begitu juga dengan Instagram, Messenger, dan WhatsApp, yang akan tetap mempertahankan nama mereka.

Adapun, Bloomberg menyebutkan, Meta berharap perubahan nama akan mengalihkan pembicaraan publik dari polemik dan laporan berita negatif yang menyeret nama Facebook.

Gimana menurut kamu, Be-emers?