Saham Tesla Anjlok, Kekayaan Elon Musk Berkurang Rp 713 Triliun!

Saham Tesla Anjlok, Kekayaan Elon Musk Berkurang Rp 713 Triliun! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Lagi-lagi, publik dihebohkan dengan berita seputar Elon Musk. Setelah saham Tesla mengalami penurunan selama dua hari berturut-turut, Elon Musk akhirnya harus merelakan uangnya yang berjumlah US$50 miliar atau setara dengan Rp 713 triliun!

Menurut pernyataan dari Bloomberg, penurunan saham Tesla selama dua hari tersebut merupakan peristiwa besar bagi Bloomberg Billionaires Index. Selain itu, anjloknya saham Tesla merupakan yang terbesar kedua setelah peristiwa Jeff Bezos yang kehilangan US$36 miliar pada tahun 2019, setelah ia bercerai dengan MacKenzie Scott.

Jatuhnya saham Tesla disebabkan oleh polling Twitter yang dibuat oleh Elon Musk sendiri. Ia menanyakan kepada para netizen apakah ia harus menjual sahamnya di Tesla sebesar 10 persen, mengikuti jejak saudaranya sendiri, Kimbal Musk, yang juga menjual sahamnya.

Selain itu, dilansir dari Insider, seorang investor yang tenar karena film “The Big Short”, Michael Burry, mengatakan bahwa ia memprediksi bahwa Elon Musk menjual sahamnya untuk membayar utang-utang pribadinya.

Penurunan kekayaan Elon Musk ini membuat selisih posisinya dengan Jeff Bezos menjadi semakin tipis, yaitu hanya sebesar US$83 miliar. Pada bulan Januari 2021 lalu, Elon Musk telah berhasil membalap Jeff Bezos menjadi orang terkaya di dunia, Be-emers!


Ada banyak pihak yang terdampak dengan terjadinya penurunan harga saham Tesla. ARK Investment Management yang dimiliki oleh Cathie Wood harus merelakan lebih dari US$750 juta. Selain itu, Larry Ellison selaku Founder dari Oracle Corp., yang merupakan pemegang saham individu kedua terbesar Tesla, mengalami kerugian sebesar USD$2,1 miliar.

Nah, uniknya nih Be-emers, walaupun uang milik Elon Musk tercatat menurun, kekayaannya masih meningkat sebesar 70 persen sepanjang tahun ini, lho. Peningkatan tersebut didukung dengan adanya pendapatan dari penjualan unit mobil Tesla yang cukup kuat dan juga valuasi SpaceX yang turut meningkat.

Selain itu, nilai kapitalisasi pasar dari Tesla pun masih mencapai lebih dari USD$1 triliun. Nilai tersebut merupakan pencapaian Tesla pada kuartal ketiga 2021 yang mana mengalahkan ekspektasi pasar.

Nggak hanya itu, Elon Musk beserta Tesla juga masih mendapatkan kabar gembira dari Hertz Global Holdings Inc. Perusahaan penyewaan mobil tersebut berencana memesan sebanyak 100 ribu unit mobil Tesla.

Duh, kalau Be-emers punya uang sebanyak itu, kira-kira mau kamu pakai untuk apa, nih?