Kenali Pentingnya Negosiasi dalam Berbisnis

Kenali Pentingnya Negosiasi dalam Berbisnis Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Negosiasi merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari segala aspek pada kehidupan kita, Be-emers. Mulai dari kegiatan sehari-hari, hingga berbisnis.

Kali ini, kita akan membahas seputar peran negosiasi dalam berbisnis. Banyak orang, khususnya pengusaha, yang belum menyadari betapa pentingnya bentuk komunikasi ini bagi pihak-pihak yang saling bersangkutan.

Dalam bernegosiasi, ada beberapa aturan diskusi yang harus disepakati oleh para pelaku negosiasi, yang biasa disebut negosiator.
 

Pengertian Negosiasi Bisnis

Menurut Harvard Law School, negosiasi bisnis adalah bentuk negosiasi yang dilakukan antara dua atau lebih entitas perusahaan, lembaga, atau bahkan perorangan dalam sebuah lingkungan bisnis.

Biasanya, dalam bernegosiasi atas suatu hal, terjadi tawar-menawar yang intens agar keputusan yang diambil dapat memenuhi segala kebutuhan dan keinginan pihak-pihak yang terlibat.

Tak jarang banyak orang yang seringkali menghadapi jalan buntu ketika sedang bernegosiasi. Ketika hal tersebut terjadi, kamu bisa menggunakan teknik MESOs, yang merupakan singkatan dari multiple equivalent simultaneous offers.


Penggunaan teknik MESOs dapat membantu kamu menemukan titik temu antara pihakmu dengan yang lainnya dan menciptakan win-win solution.

Etika dan keadilan dalam negosiasi juga menjadi aspek penting yang harus dilakukan saat berada dalam kondisi tawar-menawar atau negosiasi bisnis.

Ada tiga norma yang sering digunakan dalam proses negosiasi, yaitu equality atau kesamaan sumber daya, equity atau kesetaraan pengeluaran dan pendapatan, dan need atau kebutuhan yang bisa juga diartikan sebagai pembagian yang menguntungkan.

Melakukan negosiasi bisnis dengan pola pikir kreatif tidak hanya akan menjaga hubungan baik, tetapi juga menambah nilai signifikan bagi kedua belah pihak untuk menciptakan solusi yang saling menguntungkan.
 

Aspek Utama dalam Negosiasi Bisnis

Bagi para negosiator, ada beberapa aspek kunci yang harus diperhatikan saat melakukan negosiasi, Be-emers. Menurut Investopedia, aspek-aspek tersebut adalah:
 
  • Pihak yang Terlibat

Sebagai negosiator, kamu harus kenal siapa saja yang akan terlibat dalam kegiatan negosiasi tersebut dan juga apa tujuan dari negosiasi tersebut.

Kamu juga harus mengetahui background dari pihak-pihak terkait, salah satunya adalah latar belakang profesi, yang nantinya akan mempengaruhi peran masing-masing pihak dalam bernegosiasi.
 
  • Komunikasi

Diperlukan keahlian komunikasi yang efektif agar bisa menyampaikan poin-poin tawar-menawar yang diinginkan, dan juga meyakinkan pihak lain dengan setiap hal yang diajukan oleh negosiator.
 
  • Alternatif

Catat! Plan B atau rencana alternatif selalu dibutuhkan ketika pihak-pihak terkait tidak menemukan jalan tengah atau kesepakatan awal tidak diterima oleh salah satu pihak.
 
  • Klaim yang Sah

Setiap hak dan kewajiban yang disepakati dalam sebuah negosiasi harus dinyatakan dalam bentuk bukti yang sah dan merupakan tuntutan yang valid, bahwa semua hal yang telah dibahas akan diproses dan ditindaklanjuti.
 

Manfaat Negosiasi Bisnis

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan negosiasi yang baik, di antaranya:
  • Membentuk jalinan kerja sama yang kuat
  • Mencapai tujuan bersama
  • Membentuk simpati atas setiap kesepakatan yang diambil
  • Saling menguntungkan
  • Membentuk interaksi positif

Gimana Be-emers, udah tau kan pentingnya negosiasi dalam berbisnis? Yuk, mulai asah kemampuan negosiasimu sejak dini, ya!