Meninggal Dunia, Ini Sosok Artistic Director Louis Vuitton Virgil Abloh

Sosok Artistic Director Louis Vuitton Virgil Abloh Illustration Bisnis Muda - Image: wikimedia

Like

Minggu, 28 November 2021, Artistic Director Louis Vuitton Virgil Abloh dikabarkan tutup usia nih, Be-emers. Lalu, seperti apa sih sosok Virgil Abloh yang berpengaruh di dunia fashion?

Dikabarkan The New York Times, Virgil Abloh meninggal dunia setelah berjuang melawan angiosarcoma jantung selama dua tahun terakhir. Angiosarcoma jantung sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang cukup langka nih, Be-emers.

Nah, nama Virgil Abloh ini disebut-sebut cukup berpengaruh dalam industri fashion lho, Be-emers. Salah satunya, yakni sepak terjangnya sebagai Artistic Director Louis Vuitton dan pendiri dari brand Off-White.

Baca Juga: Tekad Kuat CEO Louis Vuitton dalam Mengembangkan Bisnis Mewahnya
 

Menjembatani Dunia Hypebeast dengan Kemewahan

Louis Vuitton adalah salah satu luxury brand ternama di dunia. Kehadiran Virgil Abloh dalam keluarga besar Louis Vuitton menjadi sebuah tanda adanya terobosan baru dalam dunia fashion nih, Be-emers.

The New York Times menyebutkan, Abloh enggak hanya mengubah apa yang ingin dipakai konsumen. Pria kelahiran September 1980 ini juga menjembatani budaya hypebeast dan dunia mewah!


Lebih dari itu, Abloh juga bisa menampilkan apa yang diinginkan merek dalam diri seorang desainer. LV pun menyebut kalau Virgil Abloh bisa membawa arti dari kata “fashion” itu sendiri.

Bagi Abloh, pakaian bukanlah garmen, melainkan sebuah identitas yang bisa berhubungan dengan seni, musik, bahkan politik dan filsafat. Sosok Virgill Abloh juga dikenal ahli dalam menggunakan ironi, referensi, dan kesadaran diri untuk mengkontekstualisasikan kembali sebuah kebudayaan.

Virgil Abloh sendiri lahir dari pasangan imigran Ghana, yakni Nee dan Eunice Abloh, yang mana ia juga tumbuh besar dalam budaya skate dan hip-hop. 

“Virgil sangat pandai menciptakan jembatan antara klasik dan zeitgeist saat ini,” -Chief Executive Louis Vuitton Michael Burke, dikutip The New York Times.

 

Si Lulusan Teknik dan Arsitek yang Cuan dari Fashion

Virgil Abloh merupakan lulusan Teknik Sipil University of Wisconsin-Madison dan meraih gelar Master of Architecture di Illinois Institute of Technology lho, Be-emers. Meski enggak punya latar belakang pendidikan di dunia fashion, dikutip Chicago Tribune, Abloh rupanya pernah mendesain T-Shirt saat masih menjalani pendidikan arsitektur!

Enggak cuma itu, Abloh juga pernah menulis tentang mode dan desain untuk blog terkenal, yakni The Brilliance. Berkat ilmu dagang dan fashion dari sang ibu -yang merupakah seorang penjahit, Abloh sudah cukup pandai dalam berkolaborasi dalam dunia fashion.

Di usia 22 tahun, Abloh pernah bertemu dengan Kanye West, yang mana pertemuan itu berhasil membawa Abloh ke Paris di tahun 2009. Keduanya pun sepakat untuk bekerja sama melakukan kolaborasi sepatu!

Bulan Juli 2021, Virgil Abloh dipromosikan ke posisi baru di LVMH, yang mana ia berkesempatan untuk bekerja di 75 brand mewah dalam grup tersebut. Adapun, Abloh juga kerap mempertahankan jadwal yang padat dan bekerja sambilan sebagai DJ serta desainer furnitur lho, Be-emers!

Selamat jalan, Virgil Abloh! Karyamu akan selalu dikenang.

Siapa nih, yang suka banget sama karya-karya fashion dari Virgil Abloh?