Sempat Hiatus, Pemutar Musik Winamp Kembali Hadir Tampilkan Wajah Baru

Winamp Illustration Web Bisnis Muda - Image: Business Today

Winamp Illustration Web Bisnis Muda - Image: Business Today

Like

Mendengarkan musik memang selalu menjadi hal yang menyenangkan karena dapat menjadi tempat pelarian tersendiri ditengah hiruk-pikuk serta balada keseharian.

Namun, akses untuk mendengarkan musik dahulu memanglah tidak semudah atau sepraktis hari ini. Seperti yang terjadi pada dua dekade terakhir atau di era 90-an yang mana di era tersebut teknologi pemutar media diluar pemutar media fisik sangatlah terbatas.

Sebut saja teknologi pemutar media yang pada saat itu cukup populer ialah Winamp. Akan tetapi, selaras dengan bermunculannya layanan audio streaming yang terhubung dengan internet membuat kepopuleran Winamp juga dikit demi sedikit ikut tergerus.

Alhasil, Winamp sempat mengalami hiatus atau mati suri. Namun, angin segar kembali hadir terkhusus untuk generasi yang tumbuh serta berkembang dengan Winamp, sebab belum lama ini Winamp baru saja mengumumkan akan kembali hadir, lho, Be-emers!

Baca Juga: Spotify Luncurkan Greenroom, Akankah Jadi Kompetitor Clubhouse?
 

Winamp Siap Kembali

Menghimpun dari Business Today, Winamp yang kini berada di bawah naungan perusahaan induk AudioValley mengungkapkan bahwa kini telah mempersiapkan sesuatu yang besar untuk generasi berikutnya.


Persiapan tersebut semakin diperkuat terkhusus setelah terjadi beberapa pembaruan yang pada tampilan, logo, tagline serta situs web Winamp.

Lebih lanjut, Winamp akan merubah sistematikanya yang bermula hanya pemutar media, menjadi platform audio streaming yang terhubung dengan internet layaknya JOOX, Spotify, YouTube Music ataupun Apple Music.

Bahkan, Winamp berencana untuk mengambil langkah inovatif lainnya dengan menghadirkan beberapa fitur pendukung diluar pemutar musik yaitu dengan keberadaan podcast, stasiun radio hingga buku audio.

Tak berhenti sampai disitu, pihak Winamp juga menyebut akan membuat platformnya kelak dapat menjadi ruang unik untuk para musisi dengan kemudahan akses kepada penggemar atau pendengar, serta dapat memungkinkan untuk mendapatkan apresiasi dalam bentuk pundi-pundi langsung dari penggemar ataupun pendengarnya.

Meski begitu, langkah yang diambil Winamp terbilang cukup bijak, khususnya sejak pembaruan terakhir yang dilakukan Winamp pada Oktober 2018 dengan meluncurkan Winamp 5.8 agar dapat kompatibel di Windows 8.1 ataupun Windows 10.

Baca Juga: Berapa yang Didapatkan Industri Musik dari Spotify dan Youtube?