Elon Musk Prediksi Neuralink akan Lebih Baik Daripada Metaverse

Elon Musk Illustration Web Bisnis Muda - Image: The Wall Street Journal

Like

Tak bisa dipungkiri, sejak Mark Zuckerberg merubah nama Facebook menjadi Meta, penggunaan diksi Metaverse terbilang sangatlah populer dan menjadi sebuah fenomena proyeksi dimasa depan.

Pasalnya, upaya yang ditempuh oleh Mark Zuckerberg juga tak hanya sesederhana merubah nama Facebook saja, melainkan sudah ada beberapa bentuk upaya yang dilakukannya.

Sebut saja seperti upaya kemitraan yang dijalin Facebook dengan produsen kacamata Ray-Ban lewat produk Ray-Ban Stories yang mengisyaratkan bahwa kedepannya virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) memang benar adanya.

Namun ditengah kepopuleran Metaverse, Elon Musk justru malah menyanggahnya dengan memprediksi bahwa Metaverse tidak akan lebih baik dalam jangka panjang jika dibandingkan dengan Neuralink, nih, Be-emers!

Baca Juga: Usung Smart Glasses, Ray-Ban dan Facebook Ciptakan Kacamata Penerima Pesan hingga Foto
 

Neuralink Lebih Baik Dibanding Metaverse dan Web 3.0

Mengutip dari Cointelegraph, tepat pada Rabu, (22/12) dalam sebuah wawancara dengan situs web The Babylon Bee, CEO Tesla Elon Musk akhirnya berpendapat dan mengeluarkan pernyataan yang cukup mencengangkan publik ketika mendapat pertanyaan yang menanyakan pemikirannya seputar ekosistem Metaverse.


Musk langsung berkomentar bahwa dirinya tak tertarik sama sekali dengan keberadaan metaverse. Musk mengatakan bahwa Metaverse hanyalah sebuah taktik pemasaran yang dijadikan sebuah kata kunci.

Dirinya bisa berpendapat seperti itu dikarenakan Metaverse hanya lebih banyak pemasarannya ketimbang kenyataannya.

Selain itu, Musk juga menambahkan sepertinya tidak ada orang yang akan nyaman dengan menggunakan headset VR sepanjang hari ditambah lagi bahwa headset VR justru cenderung memicu mabuk perjalanan ketika terlalu lama digunakan.

Musk juga bersikeras bahwasannya tidak ada orang yang mau sepenuhnya meninggalkan dunia fisik, tentunya orang tetap membutuhkan gerak dan interaksi.

Lebih lanjut lagi, Musk juga menyoroti dan mengomentari keberadaan web 3.0 yang dirasa terlalu mendemokratisasi keberadaan internet yang sebenarnya sudah ada dan hanya membangunnya kembali agar dapat berdampingan dengan blockchain dan cryptocurrency.

Musk justru menyebut bahwa Neuralink cenderung lebih nyata serta diproyeksikan akan sepenuhnya membawa pengguna kedalam realitas virtual ketimbang Metaverse dan web 3.0.

Sedikit catatan, Neuralink adalah sebuah perusahaan neuroteknologi yang didirikan oleh Elon Musk pada 2016 dengan tujuan untuk memulihkan dan meningkatkan kemampuan fisik manusia melalui implan yang dipasang ke otak dan terhubung ke komputer.

Gimana tanggapanmu soal hal ini, Be-emers?