Ini 4 Fakta Menarik tentang Obligasi! Salah Satunya Mudah Dibeli Lewat Fintech Lho!

Image - Canva

Like

Obligasi menjadi salah satu jenis aset investasi yang bisa kamu coba nih, Be-emers. Nah, ada sejumlah fakta menarik tentang obligasi yang perlu kamu ketahui! 

Ada berbagai jenis aset investasi, mulai dari saham, hingga emas. Di sisi lain, investasi obligasi juga jadi pilihan yang menarik bagi para investor lho

Sebenarnya, apa sih obligasi itu? 

Untuk kamu yang belum tahu tentang obligasi, dikutip dari laman Otoritas Jasa Keuangan (OJK), obligasi adalah suatu surat utang jangka menengah hingga jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. 

Jadi, obligasi itu berisi janji dari pihak yang menerbitkan Efek untuk membayar imbalan berupa bunga atau kupon dalam periode tertentu kepada pembeli obligasi. Pihak yang menerbitkan obligasi tersebut juga akan melunasi pokok utang saat akhir waktu yang telah ditentukan. 


Lebih dari itu, berikut 4 fakta menarik tentang obligasi yang perlu kamu ketahui! 
 

1. Risiko Obligasi Tergantung dari Penerbitnya

Sebelum kamu membeli obligasi, penting juga untuk kamu mengetahui dan mengenal penerbit obligasi lho! Dilansir dari laman resmi OJK, dengan mengetahui penerbit obligasi, hal itu bisa membantu dalam mengukur risiko. 

Misalnya, ada kemungkinan penerbit obligasi tersebut enggak bisa melakukan pembayaran kupon dan/atau pokok obligasi secara tepat waktu! 

Pada dasarnya, obligasi diterbitkan oleh pihak korporasi atau perusahaan, pemerintah, hingga lembaga supranasional. Obligasi yang diterbitkan oleh pihak perusahaan, baik perusahaan swasta hingga BUMN dan BUMD, disebut obligasi korporasi. 

Sementara obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah disebut juga sebagai Surat Berharga Negara (SBN) ritel. SBN pun terdiri dari ORI (Obligasi Negara Ritel), SBR (Savings Bond Ritel), SR (Sukuk Ritel), dan ST (Sukuk Tabungan). 

Beda dengan obligasi korporasi, obligasi pemerintah atau SBN justru lebih minim risiko karena dana investor dijamin oleh Undang-Undang. Lebih tepatnya, UU No.24 Tahun 2002 tentang Surat Utang Negara dan UU No.19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara. 
 

2. Keuntungan yang Lebih Pasti

Saat kamu berinvestasi pada obligasi, kamu tentu berpeluang untuk punya passive income dari pembayaran kupon obligasi yang dilakukan secara berkala nih, Be-emers. Wah, asyik ya!
 
Ada dua jenis perhitungan bunga yang dilakukan penerbit untuk bayar kupon obligasi, yaitu fixed rate dan floating rate. Fixed rate sudah disampaikan saat obligasi diterbitkan, sedangkan floating rate diberikan dengan mengacu pada suku bunga yang berlaku. 
 

3. Bisa Dijual di Pasar Sekunder

Enggak cuma cuan dari kupon, kamu juga bisa cuan dari capital gain lho, Be-emers! hal itu bisa kamu dapatkan jika kamu menjual obligasi di pasar sekunder. 

Seperti instrumen investasi saham, obligasi dapat diperjualbelikan di pasar perdana maupun pasar sekunder. Makanya, obligasi pun bisa jadi aset investasi yang liquid.

Sekedar info, pasar perdana merupakan pasar dimana efek-efek pertama kali diterbitkan/ditawarkan ke publik. Sementara pasar sekunder adalah  kelanjutan dari pasar perdana, yaitu pasar dimana efek-efek yang telah dicatatkan di bursa kemudian bisa diperjualbelikan.

Nah, di pasar sekunder ini, para investor berkesempatan untuk membeli atau menjual efek-efek yang tercatat di Bursa setelah terlaksananya penawaran pada pasar perdana. 
 

4. Obligasi Mudah Dibeli Lewat Fintech

Zaman sudah semakin canggih. Kini, untuk berinvestasi obligasi, kamu pun bisa melakukannya lewat perusahaan fintech lho!

Salah satu perusahaan financial technology (fintech) yang bisa kamu manfaatkan untuk investasi obligasi yakni Moduit nih, Be-emers. Sebagai fintech yang berfokus di Wealth Management, Moduit membantu nasabah menilai kebutuhan investasinya, termasuk produk-produk yang sesuai bagi nasabah.

Nah, untuk nasabah yang butuh produk obligasi di dalam portofolio investasinya, Moduit saat ini sudah dapat menyediakan produk SBN dan Secondary Bond, baik obligasi pemerintah maupun korporasi. Hal tersebut dilakukan Moduit melalui kerja samanya dengan PT Trimegah Sekuritas selaku Perusahaan Efek.

Selain itu, kamu enggak perlu ragu nih, Be-emers. Soalnya, Moduit punya advisor profesional yang akan memberikan nasihat investasi dan juga membantu nasabah untuk melakukan proses administrasi pembelian produk obligasi.

Sehingga, kamu sebagai nasabah enggak perlu repot untuk melakukan riset, pencarian produk & melakukan pembukaan rekening secara mandiri. Selain itu, Moduit akan membantu nasabah untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas agar siap untuk melakukan transaksi obligasi sesuai nasihat investasi.

Oh iya, di bulan Mei 2022 nanti, Moduit akan semakin memudahkan kamu dalam berinvestasi obligasi lewat aplikasi lho! Wah, asyik banget ya!

Adapun, saat ini Moduit sudah punya  lebih dari 100 advisor yang berpengalaman di bidangnya. Jangan khawatir, Moduit sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) lho

Pastinya, aman dan terjamin deh, Be-emers. Nah, untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa kunjungi website Moduit di laman www.moduit.id ya!