Intip 3 Ide Peluang Usaha dari Mainan Lego yang Bisa Kamu Coba

3 Ide Peluang Usaha dari Mainan Lego Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Lego memang selama ini dikenal sebagai mainan interaktif dan menyenangkan. Lebih dari itu, sebenarnya kamu bisa menjadikan Lego sebagai peluang usaha yang kreatif lho, Be-emers.

Sejarah mainan Lego dimulai di Denmark. Pada tahun 1916, seorang pria bernama Ole Kirk Kristiansen membeli toko pertukangan kayu di Billund, yang mana telah beroperasi sejak tahun 1895.

Dalam buku The World of LEGO Toys yang ditulis oleh Henry Wiencek. toko tersebut sebagian besar telah membantu banyak orang untuk membangun rumah dan perabotan. Sayangnya, pada 1924, toko tersebut temakan si jago merah nih, Be-emers.

Namun, hal itu enggak menghentikan semangat Kristiansen. Bahkan, saat peristiwa Great Depression melanda, Kristiansen hanya punya sedikit pelanggan dan harus fokus pada proyek-proyek yang lebih kecil.

Kristiansen pun akhirnya mulai memproduksi versi miniatur produknya sebagai alat bantu desain. Nah, miniatur seperti tangga dan papan setrika justru menginspirasinya untuk mulai memproduksi mainan nih, Be-emers.


Hingga di tahun 1932, dilansir dari laman resmi Lego, Ole Kirk Kristiansen mendirikan Lego Group. Adapun, nama “Lego” diambil dari sebuah kata dalam bahasa Denmark, yakni “leg godt” yang berarti “bermain dengan baik.”

Lego adalah mainan interaktif yang berbentuk miniatur dari berbagai macam objek di dunia. Mulai dari karakter film, pekerja dari berbagai bidang, rumah, mobil, hingga hewan peliharaan.

Yang menarik dari Lego adalah ketika kamu menyusun miniatur-miniatur tersebut menjadi satu objek tertentu. Misalnya, membentuk bangunan, hingga dinosaurus.

Keunikan Lego pun bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat karya yang bisa dijual lho, Be-emers! Nah, kira-kira peluang usaha apa ya yang bisa kamu buat dari bahan dasar Lego?

Baca Juga: Mattel PlayBack: Daur Ulang Mainan Menjadi Mainan
 

1. Gelang Lego

Wujud manusia atau karakter film dalam Lego memang punya ciri khas sendiri. Dengan bentuk tangan yang melengkung seperti capitan dan kaki yang lebih besar, menjadikan karakter Lego berbeda dari action figure.

Lego meluncurkan banyak miniatur karakter film. Mulai dari karakter film Toy Story hingga animasi Naruto!

 

Contoh Gelang Lego - Image: Lazada


Nah, karakter film dan animasi tersebut bisa kamu kreasikan kembali menjadi sebuah karya lho, Be-emers. Salah satunya, kamu bisa mengkreasikan Lego menjadi gelang.

Tutorial untuk membuat gelang berbahan dasar Lego juga sudah banyak di YouTube. Sehingga, hal ini akan memudahkan kamu yang tertarik untuk mencoba membuat prakarya gelang dengan bahan dasar Lego.

 

2. Casing Handphone dari Lego

Handphone atau smartphone tentunya akan makin keren jika menggunakan casing tambahan. Selain itu, casing juga bisa melindungi handphone kamu dari debu, hingga goresan di belakang handphone.

Apalagi, tren casing handphone custom makin digemari nih, Be-emers. Bahkan, kamu bisa mengkreasikan Lego untuk jadi casing handphone custom lho.

 

Contoh Casing Handphone Lego Buatan bricklet id - Image: Shopee


Casing handphone dengan bahan dasar Lego bisa kamu buat berdasarkan pesanan pembeli atau ready stock. Oh iya, agar semakin menarik minat pembeli, kamu juga bisa membuat tema khusus di setiap casing yang kamu buat lho.

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Bikin Usaha Jas Hujan Custom Yuk!
 

3. Custom Souvenir Lego

Lego bisa kamu kreasikan menjadi souvenir unik lho, Be-emers! Mulai dari souvenir untuk kado ulang tahun, kado wisuda, souvenir penghargaan, hingga souvenir pernikahan.

Kamu bisa menggunakan wadah transparan atau kotak yang dihias sesuai tema pesanan. Misalnya, kamu ingin membuat souvenir wisuda, kamu bisa mengkreasikan Lego dengan karakter manusia, buku, dan sebagainya di dalam satu kemasan.

 

Contoh Custom Souvenir Menggunakan Lego Buatan Leuga - Image: Twitter


Kamu bisa tambahkan latar belakang yang kamu cetak sendiri sesuai pesanan, atau aksesoris lainnya. Sehingga, kreasi jualan kamu berbeda dari yang lainnya.

Adapun, untuk memulai bisnis ini, kamu bisa mencari Lego sebagai bahan dasar di situs seperti Amazon atau eBay lho, Be-emers.

Tertarik untuk mencoba peluang cuan dari Lego?