Lumayan, 3 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Uang Tambahan Kamu

3 Hal Ini Bisa Jadi Sumber Uang Tambahan Kamu Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Walaupun sudah kerja dan punya penghasilan tetap, kadang pernah enggak sih kepikiran buat punya uang tambahan?

Uang tambahan enggak selalu disebabkan oleh kebutuhan finansial doang, lho. Soalnya, keinginan buat punya uang tambahan juga bisa dipicu adanya keinginan untuk mengisi kegiatan di waktu luang, mengukur kemampuan diri, dan memanfaatkan peluang.

Jadi, hal apa saja yang bisa kamu manfaatkan untuk jadi sumber uang tambahan?

Baca Juga: Kamu Butuh Pemasukan Tambahan? Intip Ide Bisnis Rumahan Berikut Yuk!
 

3 Sumber Uang Tambahan

Enggak perlu muluk-muluk kok. Sebenarnya, ada nih beberapa hal yang bisa kamu manfaatkan untuk jadi uang tambahan.
 

Ikutan Lomba atau Survei Berhadiah

Siapa nih yang happy banget kalau ada lomba 17-an?


Bukan cuma buat seru-seruan aja, lomba juga sebenarnya bisa menghasilkan uang atau rezeki tambahan nih. Bahkan, selain bisa mengukur kemampuan diri, lomba juga bisa mengasah kreativitas kita.

 

Ikutan Lomba atau Survei Berhadiah Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Makanya, enggak jarang, banyak perlombaan dengan hadiah yang nilainya lumayan banget. Ikutan lomba, bisa jadi pilihan yang cocok nih buat kamu yang punya jiwa kompetitif sekaligus mau dapat cuan!

Selain lomba, jadi partisipan survei juga bisa menghasilkan uang tambahan. Soalnya, banyak instansi yang bakalan kasih kompensasi buat siapapun yang mau jadi respondennya.
 

Menjual Hobi

Hobi yang ditekuni, ternyata bisa jadi sumber pendapatan tambahan kamu nih. Misalnya, kamu hobi fotografi, kamu bisa jual hasil karya kamu itu ke sejumlah platform atau situs penyedia foto kayak shutterstock.com dan sebagainya.

 

Menjual Hobi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Sedangkan buat kamu yang hobi menggambar atau menulis, kamu juga bisa berkreasi dan menjual hasil karya kamu itu ke media atau penerbit.

Kalau mau lebih mantap lagi, kamu tinggal upload hasil karya dari hobi kamu itu ke media sosial. Kali aja kamu bisa dapat endorsement atau bisa membuka peluang usaha lainnya lewat media sosial.

Baca Juga: Ini Hobi yang Bisa Jadi Cuan
 

Memanfaatkan Kendaraan Pribadi

Bukan cuma bisa jadi alat transportasi pribadi, cuan tambahan bakal datang kalau kamu bisa memanfaatkan kendaraan pribadi yang kamu punya. Enggak percaya? Tenang, banyak kok caranya.

Kalau kamu punya kendaraan yang sebenarnya jarang kamu pakai setiap hari, kamu bisa nih sewakan kendaraan kamu. Lumayan lho, kamu bisa untung ratusan ribu sampai jutaan rupiah. 

 

Memanfaatkan Kendaraan Pribadi Ilustrasi Bisnis Muda - Image: Canva


Selain itu, kamu juga bisa manfaatin kendaraan kamu buat jadi taksi atau ojek online. Enggak usah malu dan enggak usah gengsi ya, Be-emers.

Kalau sudah dapat cuannya, lumayan juga kan jadi bisa menghemat anggaran bensin dan pajak kendaraan?

Nah, menurut kamu, sumber cuan apa lagi nih yang bisa kamu coba?


Yuk, share di kolom komentar!

Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.