Cara Daftar Akun OpenSea untuk Transaksi NFT Sepuasnya

Cara Daftar Akun OpenSea. (Ilustrasi: Canva)

Like

NFT menjadi semakin populer sebagai produk investasi turunan kripto. Transaksi NFT dilakukan di marketplace tertentu, salah satunya OpenSea. Begini cara daftar akun OpenSea.

NFT atau Non-Fungible Token menjadi semakin populer setelah akun Ghozali Everyday berhasil menjual swafotonya dari 2017-2021 senilai Rp 1 miliar lebih melalui OpenSea.

Semenjak itu, orang-orang mulai mencari tahu dan NFT menjadi kian populer. NFT sendiri merupakan produk investasi turunan kripto. 

NFT dapat dikatakan sebagai produk investasi yang tinggi risiko karena harga beli dengan harga jual bisa berbeda jauh dan terkadang sulit diprediksi. 

Transaksi NFT hanya bisa dilakukan melalui marketplace khusus NFT. Ada beberapa marketplace khusus NFT, salah satu yang paling populer adalah OpenSea.
 

OpenSea, Marketplace NFT Terbesar



OpenSea adalah marketplace yang dikhususkan untuk bertransaksi non-fungible token atau NFT. Dalam laman resminya, OpenSea mengklaim bahwa mereka adalah marketplace NFT pertama dan terbesar.

Dilansir dari The Small Business, ada lebih dari 1 juta pengguna yang terdaftar sepanjang tahun 2022. Sedangkan ada lebih dari 121 juta pengguna yang mengunjungi OpenSea setiap bulannya.

OpenSea berharga senilai $13,3 miliar. Profit yang dihasilkan OpenSea pada tahun 2021 sebesar $365 miliar. 

Karya yang dijual di OpenSea tidak terbatas, bisa gambar, foto, musik, ikon gim, dan lainnya. Beragamnya konten dalam OpenSea semakin membuat marketplace ini populer. 

Baca Juga: Mengenal OpenSea, Marketplace NFT Pertama di Dunia
 

Cara Daftar Akun OpenSea


Prinsip OpenSea sama seperti media sosial dan marketplace lain. Siapa saja bisa bertransaksi di marketplace OpenSea. 

Membuat akun di OpenSea untuk transaksi sebenarnya cukup mudah, namun kamu harus memiliki dompet digital terlebih dahulu
 

1. Masuk ke Website OpenSea


Hal pertama yang harus dilakukan saat ingin daftar akun OpenSea adalah membuka situs tersebut. Untuk masuk ke dalam situs ini perlu menggunakan MetaMask.

MetaMask adalah sebuah dompet mata uang kripto yang digunakan untuk berinteraksi dengan rantai blok Ethereum.
 

2. Buat Dompet Digital


Selanjutnya buat dompet digital dengan cara klik “Create a Wallet”. Dompet digital penting agar bisa bertransaksi karena OpenSea tidak mengelola NFT penggunanya. 
 

3. Atur Kata Sandi


Setelahnya perlu untuk mengatur kata sandi. Pastikan kata sandi mudah diingat dan sesuai dengan ketentuan. 

Setelah itu baca ketentuan dan klik menu “I Have Read”. Jika sudah selesaikan dengan klik menu “Create”
 

4. Simpan Data


Selanjutnya akan dibawa ke halaman perkenalan MetaMask. Di halaman itu akan muncul “Secret Recovery Phase”. Pilih simpan data itu dan masukan urutannya dengan benar.
 

5. Tanda Akun Aktif


Klik menu “Confirm” dan akan muncul pemberitahuan bahwa akun sudah berhasil diaktifkan. Selanjutnya klik menu “All Done”

Baca Juga: Ini Cara Mudah Jual NFT untuk Pemula!
 

6. Masuk Kembali


Setelah berhasil diaktifkan, masuk kembali dengan membuka situs OpenSea dan masuk dengan akun MetaMask.

Masuk ke situs untuk yang kedua kali ini akan muncul pemberitahuan dari MetaMask, pastikan isi pemberitahuan tersebut benar. Klik “Next” hingga notifikasi hilang. 

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.