Kini Kirim Pesan Bisa Pakai Avatar di Whatsapp!

Whatsapp. (Ilustrasi: Canva)

Like

Whatsapp terus berinovasi agar tidak ditinggalkan oleh user. Kini whatsapp luncurkan fitur terbaru yang buat penggunanya bisa mengatur avatar dalam mengirim pesan.

Whatsapp sudah dikonsepkan dan berdiri sejak 2009. Hingga saat ini Whatsapp sudah memiliki lebih dari 2 Miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia.

Inovasi-inovasi sudah dilakukan oleh Whatsapp demi menambah dan mempertahankan penggunanya. Dahulu Whatsapp tidak sepopuler saat ini di beberapa negara. 

Contohnya di Indonesia, penggunaan Whatsapp sempat identik untuk orang tua saja di tahun 2014 hingga 2017. Baru setelah itu mulai masif digunakan oleh masyarakat Indonesia. 

WhatsApp telah meluncurkan beberapa fitur utama baru ke platformnya dalam beberapa bulan terakhir. Pada awal November, fitur call group ditingkatkan menjadi 32 orang.


Baru-baru ini Whatsapp meluncurkan fitur bagi penggunanya untuk bisa mengirim pesan ke diri sendiri. 

Setelah mengeluarkan fitur untuk chat diri sendiri tersebut, Whatsapp berencana meluncurkan fitur lain yang membuat penggunanya bisa membuat avatar.

Baca Juga: Whatsapp Buat Fitur untuk Chat Diri Sendiri
 

Fitur Avatar Whatsapp


Kini, layanan bertukar pesan gratis milik Meta tersebut telah secara resmi mengumumkan peluncuran avatar di platformnya. 

Dilansir dari Android Police, kurang lebih avatar yang dimaksud ada seperti Bitmoji Facebook.

Tanda-tanda WhatsApp ingin mengadopsi avatar mirip Bitmoji Facebook pertama kali muncul pada Juli tahun ini. Kemudian pada bulan Oktober, detail lebih lanjut muncul tentang fitur tersebut di saluran beta aplikasi. 

Avatar adalah versi digital dari user yang sepenuhnya dapat disesuaikan menggunakan berbagai gaya rambut, warna kulit, pakaian, dan ekspresi.

Setelah avatar disiapkan, paket stiker khusus dengan 36 stiker akan dihasilkan dan dapat dikirim dalam percakapan. Avatar juga dapat diatur sebagai profile picture.

WhatsApp mengatakan dalam pengumumannya bahwa avatar akan memberi pengguna "cara baru dan personal untuk mengekspresikan" diri mereka sendiri. 

Baca Juga: Whatsapp Akan Terhubung dengan Instagram Reels dan 5 Fitur Baru Lainnya Mulai 2022

Seiring waktu, platform yang dimiliki Meta akan terus menyempurnakan avatar dengan opsi penyesuaian tambahan seperti pencahayaan, bayangan, tekstur gaya rambut, dan kemampuan membuat stiker avatar multi-karakter menggunakan avatar teman Anda.

Ada tanda-tanda WhatsApp bahkan mengizinkan penggunaan avatar pada panggilan video, tetapi itu tidak mungkin dalam implementasi saat ini.

Dukungan avatar di WhatsApp diluncurkan Kamis, 8 Desember 2022 dan akan tersedia untuk sebagian besar pengguna dalam beberapa hari mendatang. 

Untuk mengetahui apakah akun kita bisa menggunakan avatar, caranya dengan memeriksa di pengaturan Whatsapp. 

Jika opsi Avatar muncul berarti handphone dan akun kita compatible dan kita dapat membuat dan menyesuaikan avatar sesuai keinginan.

Baca Juga: WhatsApp Segera Luncurkan Fitur Komunitas, Apa Itu?

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.