Verizon Putus Sinyal Permanen, Era 3G Telah Berakhir!

3G Signal (Sumber Gambar: Wired)

Like

Di era internet dengan kecepatan tinggi saat ini tentunya internet dengan kecepatan lamban perlu ditinggalkan nih, apalagi era 5G sudah dimulai.

Nah baru-baru ini salah satu perusahaan telekomunikasi asal Amerika Serikat, Verizon akan menyuntik mati sinyal 3G sepanjang Desember 2022

Sinyal 3G memang sudah ditinggalkan, dilansir dari situs The Verge, sepanjang Desember, Verizon telah memutus pelanggannya yang masih menggunakan teknologi 3G. 

Verizon menghentikan kemampuan ponsel mereka untuk menggunakan data, melakukan panggilan, dan mengirim teks. Hal ini sudah dilakukan oleh banyak operator besar AS lainnya dan Verizon adalah yang terakhir melakukannya.

AT&T mematikan layanan 3G-nya pada bulan Februari, dan T-Mobile mulai menghentikan jaringan lamanya sebulan setelahnya.


Pelanggan Verizon dengan perangkat 3G mendapatkan banyak peringatan. Sebelumnya dikatakan jaringan akan offline pada 2019, tetapi dengan penundaan demi penundaan, tanggal tersebut perlahan-lahan diundur ke 31 Desember 2022.

Sementara itu 3G akan tetap ada di negara lain selama beberapa tahun lagi. Namun, tenggat waktu perusahaan Verizon ini hampir pada akhir waktunya dari sinyal 3G secara menyeluruh di AS.

Baca Juga: Sinyal 3G Akan Dihapus, Kenapa?
 

Mungkin Kita Tidak Akan Merindukan 3G, Tapi Kita Senang 3G Pernah Ada


Salah satu alasan banyak operator menonaktifkan jaringan 3G mereka adalah untuk membantu membangun jaringan baru mereka yaitu sinyal 5G.

Teknologi 5G terbaru dan terhebat milik T-Mobile memanfaatkan spektrum yang pernah menjadi bagian dari jaringan 3G-nya.

Hilangnya sinyal 3G ini tentunya tidak bisa dihindari, itulah yang terjadi pada teknologi, bukan? Hal-hal lama memberi jalan kepada hal-hal baru karena menjadi semakin kurang berguna.

Ponsel 3G pertama mulai muncul pada awal tahun 2000an, tetapi di AS, jaringan tersebut benar-benar muncul ketika era smartphone dimulai.

Saat orang-orang mulai mendapatkan ponsel seperti iPhone 3G atau HTC Dream, yang memiliki keuntungan koneksi internet yang cepat (pada saat itu).

Penjelajahan internet dalam perjalanan bukan lagi aktivitas khusus bagi orang-orang dengan ponsel bisnis tertentu, tetapi sesuatu yang dilakukan semakin banyak orang setiap hari, sementara akses ke gambar dan musik saat dalam perjalanan mengubah cara kita berinteraksi dengan media.

Dan selama beberapa tahun sebelum ponsel dengan sinyal LTE/4G mulai memasuki pasar, 3G adalah andalan smartphone pada masanya.

Sampai Jumpa 3G!

Baca Juga: Ini Cara Pindah ke TV Digital Menyusul Analog Switch Off (ASO)

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.