Bingung Pilih Jurusan? Ini Alasan untuk Memilih Akuntansi!

Program Studi Akuntansi. (Ilustrasi: Canva)

Program Studi Akuntansi. (Ilustrasi: Canva)

Like

Saat membaca brosur penerimaan mahasiswa terdapat banyak pilihan program studi. Akuntansi jadi salah satunya dan bisa jadi pertimbangan untuk kamu yang masih bingung memilih program studi.

Banyak yang masih bingung memilih jurusan setelah lulus dari sekolah menengah, apalagi lulusan SMK. Biasanya yang terlintas adalah memilih manajemen sebagai pilihan pertama.

Namun, ada banyak program studi lain yang bisa dipilih. Salah satunya adalah akuntansi. Akuntansi menjadi pilihan untuk mencari tahu tentang apa saja yang akan di pelajari berdasarkan kurikulum.

Terdapat banyak sekali kompetensi yang dapat di pelajari pada program studi tersebut. Sebagai gambaran ada empat konsentrasi dalam ilmu akuntansi.
 

Konsentrasi Program Studi Akuntansi


Empat konsentrasi dalam akuntansi dapat menunjang dalam karir setelah lulus nanti.
 

1. Akuntansi keuangan



Akuntansi keuangan sangat berkaitan dengan suatu perusahaan atau unit ekonomi. Akuntansi keuangan memiliki produk akhir yaitu laporan keuangan yang meliputi neraca saldo, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal.

Dalam membuat laporan keuangan biasanya seorang akuntan menggunakan aplikasi akuntansi dan mata kuliah pendukung dari konsentrasi akuntansi keuangan SAK-ETAP.
 

2. Akuntansi syariah


Akuntansi syariah berbeda dengan akuntansi konvensional. Jika mengambil akuntansi syariah kita akan mengembangkan pengetahuan tentang akuntansi bukan saja yang umum melainkan akuntansi syariah yang mengedepankan prinsip syariah.

Mata kuliah khusus konsentrasi akuntansi syariah antara lain muamalah, akuntansi perbankan syariah, audit, dan tata kelola entitas syariah
 

3. Akuntansi pajak


Akuntansi pajak memberikan kemampuan untuk dapat memilah besaran pajak yang akan di bayar suatu perusahaan atau unit ekonomi.

Akuntansi pajak sangat erat kaitannya dengan pemahaman peraturan pemerintah tentang pajak. Dengan mengambil konsentrasi ini membuat peluang kerja sangat terbuka luas.

Setiap perusahaan atau unit ekonomi membutuhkan seorang akuntan yang memahami pajak agar dalam pelaksanaan kewajiban pajak perusahaan atau unit ekonomi sesuai dengan peraturan pemerintah.

Mata kuliah khusus untuk konsentrasi akuntansi pajak antara lain pajak internasional, perencanaan pajak, dan manajemen pajak
 

4. Akuntansi audit


Akuntansi audit adalah konsentrasi yang bertitik berat pada evaluasi laporan keuangan, dalam konsentrasi ini akan dijadikan tentang SA (Standar Auditing) dan standar profesi akuntan publik (SPAP).

Akuntansi audit perlu pemahaman lebih dalam dari tiga konsentrasi lainnya karena akuntansi audit terkait dengan semua bidang ilmu akuntansi. Audit akuntansi terbagi atas audit internal dan eksternal

Mata kuliah khusus konsentrasi akuntansi audit antara lain audit internal, audit forensik dan audit investigasi, audit sistem informasi dan audit sektor publik.

Konsentrasi pada program studi akuntansi memang menarik, namun untuk menjadi seorang profesional harus dapat memfokuskan ilmu di satu bidang tertentu.

Penulis merupakan mahasiswa akuntansi, dan setelah setengah semester menjadi mahasiswa akuntansi sangat terasa bahwa ilmu akuntansi dekat dengan aktivitas sehari-hari.
 

Skill Penunjang


Setelah belajar pengantar akuntansi dan pengenalan bentuk laporan keuangan, baru disadari banyak sekali pengetahuan dan skill yang wajib dimiliki mahasiswa akuntansi.
 

1. Suka dan Mampu Matematika


Akuntansi membutuhkan kemampuan matematika yang cukup baik. Akuntansi sebagian besar berkaitan dengan angka.

Jadi, untuk yang tidak suka matematika dan merasa berat mempelajari sesuatu yang berhubungan dengan matematika dapat mempertimbangkan kembali untuk mengambil program studi akuntansi sebagai pilihan.
 

2. Kemampuan Analisis dan Pengambilan Keputusan


Akuntansi sangat berpegang pada prinsip akuntansi. Dalam membuat laporan keuangan yang merupakan produk akhir akuntansi, banyak hal yang harus diketahui.

Seorang akuntan harus tahu apa saja akun yang masuk pada akun kredit dan debit.
 

3. Memahami Teknologi dan Komputer


Kemampuan teknologi dan komputer dibutuhkan oleh seorang akuntan. Laporan akuntansi bisa saja menggunakan aplikasi akuntansi dan juga bisa dalam bentuk software sederhana seperti Microsoft Excel.

Dengan demikian seorang mahasiswa akuntansi harus punya kemampuan beradaptasi atas perkembangan teknologi dan punya kemampuan yang cukup dalam pengunaan komputer.

Laporan keuangan bukan hanya dapat di lakukan mengunakan teknologi komputerisasi namun bisa juga menggunakan cara manual dengan menulis di buku.
 

4. Paham Peraturan Pemerintah


Akuntansi sangat terkait dengan aktivitas ekonomi, mulai dari perusahaan, pemerintah dan lainnya.

Seorang akuntan harus mengetahui dan memahami peraturan pemerintah yang terkait dengan produk akhir akuntansi seperti peraturan tentang pajak, standardisasi upah dan lainnya.
 

5. Disiplin dan Teliti


Disiplin dan teliti adalah sifat wajib seorang mahasiswa akuntansi. Dalam membuat laporan keuangan harus dapat memegang prinsip akuntansi paling umum yaitu laporan keuangan harus balance.

Jika tidak balance maka sudah pasti laporan keuangan yang dihasilkan keliru. Ada istilah yang bisa dijadikan pengangan seorang yang ingin belajar akuntansi “yang balance saja belum tentu benar apalagi yang tidak balance”.

Sebelum memilih satu program studi sebagai ilmu yang akan dipelajari pada jenjang perguruan tinggi ada baiknya mencari informasi sebanyak banyaknya tentang program studi yang ingin diambil.

Akuntansi memang program studi yang punya banyak kelebihan namun bukan juga program studi yang mudah untuk dipelajari.

Akuntansi menjanjikan banyak sekali peluang kerja baik sektor publik, pemerintah ataupun sebagai ilmu yang diterapkan dalam mengelola keuangan keluarga. 

Herman Ramli,
Mahasiswa S1 Akuntansi 
Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta (ITB-AD)

Punya opini untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.