Mantan Raja Yunani Meninggal Dunia di Usia 82 Tahun

Raja Yunani Terdahulu. (Foto: AP News)

Like

Yunani kini telah menjadi negara republik, namun negara ini pernah berbentuk kerajaan. Raja terdahulunya baru saja wafat di usia 82 tahun.

Yunani adalah sebuah negara yang terletak di Eropa bagian tenggara, di ujung selatan Semenanjung Balkan dan di bagian timur Laut Tengah (Mediterania).

Yunani adalah negara yang bersejarah karena menjadi tempat pertama kali kebudayaan Eropa muncul. Negara ini mengalami gejolak dan perkembangan yang banyak.

Dahulu Yunani berbentuk kerajaan dengan pemimpin seorang raja, namun kini telah berubah menjadi negara republik dengan pemimpin seorang presiden.

Raja Yunani terdahulu yang turun takhta masih menjadi warga negara Yunani biasa. Tapi ia baru saja wafat di usia 82 tahun.
 

Raja Yunani Terdahulu



Mengutip dari AP News, Raja Yunani terakhir bernama Constantine. Ia naik takhta sebagai Constantine II pada tahun 1964 di usia 23 tahun. 

Pada waktu itu ia telah meraih kejayaan sebagai peraih medali emas olimpiade dalam pelayaran dan menjadi raja muda yang sangat populer.

Constantine lahir 2 Juni 1940 di Athena, dari Pangeran Paul dan putri Frederica dari Hanover. Kakak perempuannya Sophia adalah istri mantan Raja Juan Carlos I dari Spanyol. 

Baca Juga: Foto Raja Charles III Terpampang Dalam Uang Kertas, Ini Penampakannya!

Keluarga tersebut telah memerintah di Yunani dari tahun 1863 terlepas dari jeda republik selama 12 tahun antara tahun 1922-1935. 

Sebelum ulang tahun pertama Constantine, keluarga kerajaan terpaksa melarikan diri dari Yunani selama invasi Jerman dalam Perang Dunia II, pindah ke Alexandria di Mesir, Afrika Selatan dan kembali ke Alexandria. 

Raja George II kembali ke Yunani pada tahun 1946, setelah referendum yang disengketakan, tetapi meninggal beberapa bulan kemudian, menjadikan Constantine sebagai pewaris Raja Paul I.
 

Constantine Tutup Usia


Selama beberapa tahun Constantine hidup menjadi warga biasa di Yunani. Kemudian pada Rabu, 11 Januari 2022 dini hari ia tutup usia di Ibu Kota Athena.

Kabar duka ini pertama kali diumumkan oleh kantor penyiaran negara ERT. Constantine meninggal dunia setelah menderita stroke selama beberapa waktu terakhir.

Minggu lalu Constantine dilarikan ke rumah sakit di Athena karena mengalami gangguan pernapasan. 

Dokter di Rumah Sakit swasta Hygeia di Athena mengkonfirmasi kepada The Associated Press bahwa Constantine meninggal Selasa malam setelah dirawat di unit perawatan intensif tetapi tidak ada rincian lebih lanjut menunggu pengumuman resmi tersebut.

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.