4 Kuliner Khas Kota Hujan Bogor yang Wajib Dicoba!

Tapas Salapan Lawang Dasakerta (Sumber gambar: Istimewa)

Tapas Salapan Lawang Dasakerta (Sumber gambar: Istimewa)

Like

Jika mendengar nama kota ini pasti yang terbayang adalah hujan, kabut, roti unyil, dan toge goreng. Hayo, apakah sudah bisa tebak kali ini kita akan membahas tentang kota apa? 

Betul sekali, Kota Bogor mendapat julukan sebagai kota hujan karena letak geografis Kota Bogor berdampak pada tingginya intensitas curah hujan.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG) Kota Bogor terletak di ketinggian 190 sampai 330 meter dari permukaan laut dan diapit oleh beberapa pegunungan yaitu Gunung Gede, Gunung Salak, dan Gunung Pangrango.

Karena diapit oleh beberapa pegunungan, kawasan Bogor sering dilanda hujan orografi, yaitu hujan yang terjadi di daerah pegunungan.

Angin laut dari Laut Jawa yang membawa banyak uap air masuk ke pedalaman dan naik secara mendadak di wilayah Bogor.


Alhasil, uap air langsung terkondensasi dan menjadi hujan, mengakibatkan Kota Bogor hampir setiap hari diguyur hujan.

Sudah cukup informasi tentang hujan di Kota Bogor, sekarang kita lanjut membahas tentang makanan dan jajanan khas Kota Bogor yuk! 
 

Kuliner Khas Bogor


Seperti kota-kota lain di Indonesia, Bogor memiliki kulinernya tersendiri yang lezat dan unik. Apa saja, ya?
 

1. Toge Goreng

 

Toge Goreng Pak Gebro (cr: IG tom_foodetective)

Toge Goreng Pak Gebro (cr: IG tom_foodetective)


Kuliner yang berbahan dasar toge dihidangkan dengan cara direbus lalu diberi tambahan mie kuning, tahu goreng, oncom, dan tauco sebagai bumbu siram.

Baca Juga: Kamu Liburan ke Bali? Wajib Coba Kuliner Lezat Ini!

Rasa manis, asin, gurih, dan sedikit pedas berpadu menjadi satu menjadikan hidangan ini sebagai salah satu kuliner khas Kota Hujan.

Ada salah satu toge goreng legendaris di Kota Bogor adalah toge goreng Pak Gebro yang sudah berjualan sejak 80 tahun yang lalu yang saat ini berlokasi di Jalan Pengadilan (tepat di depan SDN Pengadilan 5) dengan harga 15 ribu rupiah per porsinya. 
 

2. Roti Unyil 

 

Varian Roti Unyil Venus Bakery (cr: IG @rotiunyilvenusofficial)

Varian Roti Unyil Venus Bakery (cr: IG @rotiunyilvenusofficial)


Cemilan roti dengan ukuran "one bite" menjadi favorit bukan hanya warga Bogor melainkan juga warga dari luar Bogor.

Memiliki beragam varian seperti roti unyil durian, jagung susu, pisang coklat keju, donat keju, asap sapi, dan lainnya menjadikan Roti Unyil dengan merek Venus Bakery ini sebagai oleh-oleh wajib dikala berkunjung ke Bogor. Harganya pun terjangkau mulai dari Rp1.700 per satuannya. 
 

3. Cungkring 

 

Sajian Cungkring Khas Bogor (cr: IG @mostwantedfood)

Sajian Cungkring Khas Bogor (cr: IG @mostwantedfood)


Siapa yang tahu cungkring? Bukan, ini tidak ada kaitannya dengan body shamming yang itu. Di Bogor cungkring adalah jajanan atau cemilan dengan bahan dasar kikil dan kulit sapi berbumbu kuning yang disajikan dengan gorengan tempe, lontong, dan disiram bumbu kacang kental.

Baca Juga: Kuliner Legend yang Bikin Nagih dari Kota Kenangan

Perpaduan rasa gurih, asin, dan manis dari tambahan kecap membuat jajanan cungkring ini menjadi salah satu jajanan yang digemari oleh wisatawan lokal.

Cungkring dapat ditemui di Jalan Suryakencana tepatnya sebelum perempatan Gang Aut. Tipsnya jangan kesiangan kalau tidak mau kehabisan. 
 

4. Asinan Bogor 

 

Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor (cr: IG @asinansedapgedungdalam_bogor)

Asinan Sedap Gedung Dalam Bogor (cr: IG @asinansedapgedungdalam_bogor)


Bagi pecinta makanan asam, segar, dan pedas pasti sudah tidak asing dengan sajian yang juga menjadi pilihan untuk oleh-oleh ketika berkunjung ke Kota Bogor.

Asinan Sedap Gedung Dalam yang berlokasi di Jalan Siliwangi No. 27C Kota Bogor ini memiliki dua jenis yakni asinan buah dan asinan sayur dengan harga mulai dari Rp30 ribuan. 

Nah, itulah 4 kuliner khas Kota Bogor yang bisa kamu coba ketika sedang berwisata atau berlibur di Kota Bogor. Sampai jumpa di tulisan berikutnya, ya!

Punya opini atau artikel untuk dibagikan juga? Segera tulis opini dan pengalaman terkait investasi, wirausaha, keuangan, lifestyle, atau apapun yang mau kamu bagikan. Submit tulisan dengan klik "Mulai Menulis".
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.