Foto Raja Charles III Terpampang Dalam Uang Kertas, Ini Penampakannya!

Raja Charles III di Uang Kertas. (Foto: Bank of England)

Raja Charles III di Uang Kertas. (Foto: Bank of England)

Like

Setelah kematian Ratu Elizabeth II, anaknya naik takhta menjadi Raja Charles III. Dengan Raja Charles III naik takhta, wajahnya juga akan terpampang pada uang kertas Inggris.

Ratu Elizabeth II wafat pada 8 September 2022. Setelah melewati proses pemakaman dan birokrasi yang panjang takhta diturunkan kepada anaknya.

Ratu Elizabeth II memiliki beberapa anak, namun yang akan menggantikannya menjadi pemimpin kerajaan Inggris adalah Charles III yang juga ayah dari William dan Harry.

Sejak 9 Oktober 2022 Raja Charles III sudah menjadi penerus takhta kerajaan Inggris. Namun, secara resminya Raja Charles III akan dinobatkan pada 6 Mei 2023 di Istana Buckingham. 

Menjadi Raja Inggris juga membuat wajah Raja Charles III terpampang dalam uang kertas. Untuk pertama kalinya bank Inggris memamerkan uang kertas dengan wajah Raja Charles III.
 

Wajah Raja Charles III di Uang Kertas



Mengutip dari BBC, tampilan baru uang kertas yang menampilkan gambar Raja Charles telah diresmikan oleh Bank of England.

Potret itu akan menjadi satu-satunya perubahan pada desain uang kertas £5, £10, £20 dan £50 yang ada dan akan mulai beredar mulai pertengahan 2024.

Uang kertas ini akan menampilkan Raja Charles III dari depan dan di jendela keamanan tembus pandang uang.

Uang kertas yang ada masih akan diterima di toko-toko setelah uang kertas baru mulai beredar.

Ratu Elizabeth adalah raja pertama dan satu-satunya yang secara konsisten muncul pada uang kertas Bank of England yang beredar mulai tahun 1960. 

Baca Juga: Raja Charles III Dilempar Telur Lagi! Kamu Perlu Tahu Apa Itu Egging

Ada sekitar 4,5 miliar uang kertas Bank of England bernilai sekitar £80 miliar yang beredar saat ini.

Bank of England mengatakan bahwa mengikuti panduan dari rumah tangga Kerajaan, uang kertas baru hanya akan dicetak untuk menggantikan uang kertas yang sudah usang atau untuk memenuhi permintaan yang meningkat, untuk meminimalkan dampak lingkungan dan keuangan dari perubahan tersebut.

Gubernur Bank of England, Andrew Bailey, mengatakan dia bangga atas momen penting dengan desain baru tersebut.

Koin lima puluh pence bergambar Raja Charles III telah beredar melalui kantor pos di seluruh negeri.

Diperkirakan 4,9 juta koin baru didistribusikan ke kantor pos untuk diberikan kepada pelanggan. Jumlah ini merupakan sekitar setengah dari jumlah total yang dialokasikan untuk peredaran. 

Koin bergambar mendiang Ratu masih akan diterima di toko-toko, sama seperti uang kertas.

Penggunaan uang tunai menjadi jauh lebih jarang jika dibandingkan dengan kartu debit, terutama karena penggunaan pembayaran nirsentuh dan kemudian dipercepat oleh pandemi Covid. Daya beli koin dan uang kertas tertentu juga terdilusi oleh kenaikan harga.

Namun, masih ada minat dari konsumen dan kolektor tentang gambar yang digunakan pada uang tunai.

Para kolektor akan sangat senang mendapatkan nomor seri terendah dari uang kertas King Charles yang baru saat muncul.

Baca Juga: Cara Investasi Pasar Saham saat Ekonomi Tak Stabil Menurut Charles Schwab

Mau tulisanmu dimuat juga di Bisnis Muda? Kamu juga bisa tulis pengalamanmu terkait investasi, wirausaha, keuangan, hingga lifestyle di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.
 
Submit artikelnya, kumpulkan poinnya, dan dapatkan hadiahnya!
 
Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.